Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 11 Juli 2013

Tangan Dicium, Bakul Pasar Gede Terharu

LAMPIRAN 2


RANCANGAN STANDAR ISI
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(SEBUAH GAGASAN MASUKAN UNTUK PENGEMBANGAN STANDAR ISI)

 


I. PENDAHULUAN


A.    Rasional

Pada hakikatnya pendidikan dalam konteks pembangunan nasional mempunyai fungsi: (1) pemersatu bangsa, (2) penyamaan kesempatan, dan (3) pengembangan potensi diri. Pendidikan diharapkan dapat memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan memungkinkan setiap warga negara untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal.
Sementara itu, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan dasar hukum penyelenggaraan dan reformasi sistem pendidikan nasional. Undang-undang tersebut memuat visi, misi, fungsi dan tujuan pendidikan nasional serta strategi pembangunan pendidikan nasional, untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, relevan dengan kebutuhan masyarakat , dan berdaya saing dalam kehidupan global.
Visi pendidikan nasional adalah mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Misi pendidikan nasional adalah: (1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia; (2) meningkatkan mutu pendidikan yang memiliki daya saing  di tingkat nasional, regional dan internasional; (3) meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan global; (4) membantu dan menfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; (5) meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas kepribadian yang bermoral; (6) meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar yang bersifat nasional dan global; dan (7) mendorong peran serta masyarakat prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indinesia.
Selain itu, sesuai dengan pasal 28 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa : (1) Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, (2) Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal, (3) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat, (4)  Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat,(5)  Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan. Dan untuk pelaksanaannya diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah yang dinyatakan pada pasal (6) Ketentuan mengenai pendidikan anak usia dini sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.     
      Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Masa usia dini (0-6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age), yang pada masa ini stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Perlu disadari bahwa masa-masa awal kehidupan anak merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan seseorang anak. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif).
Mengingat pentingnya masa ini, maka peran stimulasi berupa penyediaan lingkungan yang kondusif harus disiapkan oleh para pendidik, baik orang tua, guru, pengasuh ataupun orang dewasa lain yang ada di sekitar anak, sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh potensinya. Potensi yang dimaksud meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni. Pendidikan anak usia dini diberikan pada awal kehidupan anak untuk dapat berkembang secara optimal.
Upaya pengembangan harus dilakukan melalui kegiatan bermain agar tidak membuat anak kehilangan masa bermainnya. Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak, bermain juga membantu anak mengenal dirinya, dengan siapa ia hidup, serta lingkungan tempat ia hidup. Melalui bermain anak memperoleh kesempatan untuk berkreasi, bereksplorasi, menemukan, dan mengekspresikan perasaannya.
      Atas dasar hal tersebut di atas, maka perlu dirumuskan standar isi bagi anak usia dini yang dikembangkan berdasarkan karakteristik perkembangan anak agar dapat digunakan oleh para pendidik anak usia dini dalam mengembangkan seluruh potensi anak. Standar isi ini mencakup aspek moral dan nilai-nilai agama, social, emosional dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisiomotorik, dan seni.



B.     Pengertian

1.      Standar Perkembangan
Standar Perkembangan merupakan pengembangan potensi anak yang diwujudkan dalam bentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki oleh anak didik sesuai dengan tahapan usianya
2.      Perkembangan  Dasar
Perkembangan dasar merupakan pernyataan yang diharapkan dapat diketahui, disikapi dan dilakukan oleh anak didik, yang merupakan. cerminan pengetahuan, keterampilan dan sikap anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam seluruh aspek perkembangan.
3.      Indikator
Indikator merupakan hasil belajar yang lebih spesifik dan terukur dalam satu perkembangan dasar. Apabila serangkaian indikator dalam satu perkembangan dasar sudah tercapai, berarti target perkembangan dasar tersebut sudah terpenuhi.
           
C.    Tujuan dan Fungsi

1.      Tujuan
Standar kompetensi  perkembangan anak bertujuan untuk dapat Standar isi bertujuan untuk membantu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak anak usia dini, meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni, sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

2. Fungsi
a.       Mengemgembangkan sikap dan perilaku yang baik sesuai akidah agama dan norma yang dianut.
b.      Mengembangkan kemampuan sosialisasi dan  mengendalikan emosi.
c.       Menumbuhkan kemandirian anak.
d.      Mengembangkan  kemampuan berbahasa.
e.       Mengembangkan kemampuan kognitif .
f.       Mengembangkan kemampuan fisik/ motorik
g.      Mengembangkan daya cipta dan kreativitas anak

3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Standar kompetensi pendidikan anak usia dini dikembangkan berdasarkan aspek perkembangan anak, yang meliputi:
·   Perkembangan moral dan nilai-nilai agama
·   Perkembangan sosial, emosional dan kemandirian
·   Perkembangan bahasa
·   Perkembangan kognitif
·   Perkembangan fisik/motorik
·   Perkembangan seni

Standar ini berisikan seperangkat kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai oleh anak sesuai dengan tahapan usianya. yaitu
·   Standar Perkembangan  anak usia lahir  - 1 tahun
·   Standar Perkembangan anak usia 1 – 2 tahun
·   Standar Perkembangan anak usia 2 – 3 tahun
·   Standar Perkembangan anak usia 3 – 4 tahun
·   Standar Perkembangan anak usia 4 – 5 tahun
·   Standar  Perkembangan  anak usia 5 – 6 tahun



4. Prinsip-prinsip
Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan/ pembelajaran pada pendidikan anak usia dini meliputi:

a.      Berorientasi pada Perkembangan Anak
Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak merupakan individu yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan secara individual. Dengan demikian dalam kegiatan yang disiapkan perlu memperhatikan cara belajar anak yang dimulai dari cara sederhana ke rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke verbal, dan dari ke-aku-an ke rasa sosial.
b.      Berorientasi pada Kebutuhan Anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis, yaitu intelektual, bahasa, motorik, dan sosio emosional.

c.       Bermain sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
Bermain merupakan prinsip pembelajaran di PAUD.  Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi untuk mengenal lingkungan sekitar, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi anak. Ketika bermain anak memperoleh pengalaman sehingga anak akan dapat membangun pengertian/pemahaman tentang hal-hal yang dialaminya

d.      Berpusat pada anak
Pembelajaran di PAUD hendaknya menempatkan anak sebagai subyek pendidikan. Oleh karena itu, semua kegiatan pembelajran diarahkan atau berpusat pada anak. Dalam pembelajaran berpusat pada anak, anak diberi kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat dan aktif melakukan atau mengalami sesndiri. Pendidik bertindak sebagai pembimbing atau fasilitator.

e.       Lingkungan yang kondusif
Lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa sehingga menarik dan  menyenangkan dengan memperhatikan keamanan serta kenyamanan yang dapat mendukung kegiatan bermain anak.

f.       Menggunakan pembelajaran terpadu
Pembelajaran pada pendidikan anak usia dini menggunakan pembelajaran terpadu. Dimana setiap kegiatan pembelajaran  mencakup pengembangan seluruh aspek perkembangan anak. Hal ini dilakukan karena antara satu aspek perkembangan dengan aspek perkembangan lainnya saling terkait .Pembelajaran terpadu dilakukan dengan menggunakan tema sebagai wahana untuk mengenalkan berbagai konsep kepada anak secara utuh.


g.      Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
Proses pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan berbagai kecakapan hidup agar anak dapat  menolong diri sendiri, mandiri dan  bertanggungjawab, memiliki disiplin diri serta memperoleh keterampilan yang berguna bagi kelangsungan hidupnya..

h.      Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar
Media dan sumber pembelajaran memanfaatkan lingkungan  sekitar , nara sumber dan bahan-bahan yang sengaja disiapkan oleh pendidik /guru. 

i.        Dilaksanakan secara bertahap dan  berulang–ulang
Pembelajaran bagi anak usia dini hendaknya dilakukan secara bertahap, dimulai dari konsep yang sederhana dan dekat dengan anak. Untuk mencapai pemahaman konsep yang optimal maka penyampaiannya dapat dilakukan secara berulang

j.        Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan
Proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan dapat dilakukan oleh anak yang disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru. Pengelolaan pembelajaran hendaknya dilakukan secara demokratis, mengingat anak merupakan subjek dalam proses pembelajaran.

k.      10. Pemanfaatan Teknologi Informasi
Pelaksanaan stimulasi pada anak usia dini dapat memanfaatkan teknologi untuk kelancaran kegiatan, misalnya tape, radio, televisi, komputer. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran dimaksudkan untuk memudahkan anak memenuhi rasa ingin tahunya.

            D. Rambu - rambu

1.      Standar isi ini merupakan acuan bagi pendidik dalam menyusun program kegiatan atau perencanaan pembelajaran untuk mencapai optimalisasi perkembangan anak.
2.      Standar isi ini merupakan pedoman bagi para pendidik, orang tua, guru, orang dewasa lain untuk digunakan dalam rnagka menstimulasi perkembangan anak..
3.      Standar isi ini dirancang untuk melayani anak sesuai dengan tahapan usianya.
4.      Standar isi ini merupakan standar perkembangan yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak.Standar isi ini dirancang sebagai acuan assessment perkembangan anak.
5.      Standar perkembangan ini merupakan perkembangan minimal. Pendidik dapat memberikan pengayaan sejauh tidak membebani anak dan/atau jika anak  telah menunjukkan keberhasilan
6.      Pelaksanaan pembelajaran tidak bersifat kaku tetapi disesuaikan dengan kondisi daerah.
7.      Bagi bentuk satuan pendidikan anak usia dini yang memiliki kekhasan, misalnya berbasis agama dapat menambah materi kegiatan sejauh tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan, prinsip-prinsip pelaksanaan pendidikan dan tidak menyimpang akidah salah satu agama.








































RANCANGAN STANDAR PERKEMBANGAN, PERKEMBANGAN DASAR DAN INDIKATOR
LAHIR S.D 6 TAHUN


ASPEK PERKEMBANGAN

STANDAR PERKEMBANGAN
PERKEMBANGAN DASAR
INDIKATOR

LAHIR – 1 TAHUN

MORALDAN NILAI-NILAI AGAMA


Anak mampu  memperhatikan perilaku keagamaan yang diterima melalui inderanya
Dapat merespon perilaku keagamaan melalui inderanya








·         Bereaksi ketika mendengarkan senandung lagu bernuansa keagamaan (mengangguk-angguk, tersenyum, tenang, mencari sumber suara).
·         Bereaksi ketika mendengar doa yang dibacakan.
·         Bereaksi ketika mendengarkan cerita yang bernuansa keagamaan.

 


Dapat merespon rasa sayang
·         Merespon rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian, sentuhan dan senyuman.

SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN

 

Anak mampu berinteraksi dengan merespon kehadiran orang lain 

Dapat berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak















·      Menatap wajah orang yang mengajak berkomunikasi
·      Merespon dengan senyum  terhadap orang yang mengajak berkomunikasi
·      Mulai melakukan komunikasi dengan menggerakan tangan terhadap orang di dekatnya
·      Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan orang yang tidak dikenal (Misal: Melalui tangisan)
·      Mengulurkan tangan untuk diangkat
·      Mengangkat tangan untuk melambai
·      Menutup muka/ bermain cilukba

·      Menangis saat membutuhkan sesuatu



Dapat mengungkapkan suatu
kebutuhan
·      Menolak jika diberikan sesuatu yang tidak disukai. Misal dengan cara menggerakkan tangan, menangis, dll.



Dapat mengenal diri sendiri

·      Mulai melihat bayangan di cermin dan tersenyum


Mulai menunjukkan kemandirian

·      Mulai minum dengan gelas

BAHASA
Anak mampu merespon suara dan mengucapkan satu kata yang bermakna

Dapat memahami  isyarat dan perkataan orang lain secara sederhana





·      Bereaksi terhadap isyarat orang lain secara sederhana (Contoh: kedipan mata, geleng kepala, anggukan,  gerakan tubuh, dan tangan)
·      Bereaksi terhadap sumber  suara
·      Merespon bila dipanggil namanya



Dapat mengungkapkan keinginannya secara sedehana
·      Mengoceh atau mengeluarkan suara-suara
·      Mengucapkan  kata   (Contoh:  papa, mama)
·      Mulai meniru suara-suara


Mulai menunjukkan ketertarikan dengan buku/media cetak lainnya (pramembaca)
·      Mulai mengeksplorasi buku dengan memasukkan buku.media cetak lainnya ke dalam mulut atau memukul-mukul buku/media cetak

·      Mulai memperhatikan buku-buku/media cetak lainnya yang memiliki gambar dan warna yang menarik

KOGNITIF

Anak mampu menyadari keberadaan benda yang tidak dilihatnya

Dapat memahami keberadaan benda yang terlihat dan disembunyikan







·      Melihat wajah orang dan benda-benda terdekat
·      Mengamati anggota tubuhnya sendiri (tangan, kaki, jari kaki, jari tangan)
·      Mengamati benda di sekitarnya
·      Mengamati gerakan benda
·      Mencari benda yang disembunyikan
·      Mengikuti suara dan gerakan yang dikenalnya



Dapat bereksplorasi (mencari tahu) tentang benda di sekitarnya
·      Menyentuh dan memasukkan benda ke mulutnya
·      Membanting atau mengetuk-ngetuk benda ke meja atau lantai

FISIK/MOTORIK

Anak mampu menggerakkan tangan, lengan, kaki, kepala, dan badan.








Dapat menunjukkan gerakan tangan melalui reflek sederhana









·      Meraih sebuah benda.
·      Melempar benda yang dipegang.
·      Memainkan jari-jari tangan dan kaki
·      Menarik benda-benda di sekitarnya
·      Meremas-remas kertas
·      Memegang benda atau mainan
·         Mulai memainkan botol saat minum susu
·         Merobek kertas dengan tangan
·         Memasukkan sesuatu ke dalam mulut



Dapat menunjukkan gerakan tubuh secara berulang-ulang
·     Menggerakkan jari-jari kaki
·      Berguling ke kanan dan ke kiri.
·      Mengangkat kepala dan dada bila ditengkurapkan
·      Merayap ke berbagai arah.
·      Merangkak ke berbagai arah.
·      Duduk tanpa bantuan.
·      Memutar badan ke kiri dan ke kanan



Dapat menunjukkan gerakan tubuh yang terkoordinasi

·      Berdiri dengan berpegangan atau dibantu
·      Berjalan beberapa langkah
·      Berjalan sambil berpegangan ke dinding
·      Memainkan bola dengan tangan


Kesehatan Fisik
Menunjukkan kesesuaian antara kesehatan dan perkembangan

·     Menunjukkan pertumbuhan tinggi dan berat badan ideal sesuai usia
·     Mulai suka menggigit
·      Mulai berlajar minum dengan menggunakan gelas
SENI

Anak mampu bereaksi terhadap irama yang didengarnya
Dapat bereaksi ketika mendengar irama
·      Bertepuk tangan
·      Menggerakkan tangan, kepala, atau kaki ketika mendengar irama

USIA 1-2 TAHUN

MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

Anak mulai mampu meniru perilaku keagamaan secara sederhana serta mengekspresikan rasa sayang dan cinta kasih



Dapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana











·    Mendengarkan senandung lagu bernuansa keagamaan
·         Menirukan senandung lagu bernuansa keagamaan.
·         Mengikuti/menirukan bacaan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
·         Menirukan sebagian gerakan ibadah.
·         Mendengarkan cerita bernuansa keagamaan
·         Merespon cerita bernuansa keagamaan.
·         Mendengarkan sebutan nama Tuhan
·         Menirukan sebutan nama Tuhan



Dapat meniru ucapan dan jawaban salam

·         Menirukan ucapan salam
·         Menirukan jawaban salam


Dapat mengekspresikan rasa sayang dan cinta kasih
·       Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian/rangkulan/ciuman

SOSIAL, EMOSIONAL,  DAN KEMANDIRIAN


Anak mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya(keluarga) dan menunjukkan keinginannya 
Dapat berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak












·      Mengenal wajah orang yang di dekatnya
·      Bereaksi apabila melihat wajah orang yang dikenalnya
·      Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal.                   Misal: Bersembunyi di belakang orang terdekat (Ibu, guru, pengasuh)
·         Mulai berminat bermain bersama anak lain dengan mainan yang sama
·         Mulai senang hal yang lucu (tertawa ketika merespon sesuatu yang lucu)


Dapat  menyatakan suatu
Kebutuhan

·         Menyatakan keinginan dengan ekpresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis
·         Mengatakan jika ingin buang air
·         Meminta bantuan kepada orang yang dikenalnya ketika miliknya diambil orang (temannya)



Dapat mengenal diri sendiri
·         Dapat menyatakan kepemilikannya (Misal: Bonekaku, mainanku, dll.)



Mulai dapat menunjukkan kemandirian
·         Berlatih untuk menggunakan toilet.
·      Mulai dapat makan sendiri



Mulai dapat mengekpresikan emosi secara wajar
·         Mengekspresikan rasa senang, takut, marah, dan kaget.
·        Bermain pura-pura (bermain peran)

BAHASA
Anak mampu mengerti isyarat dan perkataan oranglain serta mengucapkan keinginanya secara sederhana
Dapat memahami perkataan orang lain secara sederhana



·      Melaksanakan beberapa perintah sederhana
·         Bereaksi terhadap larangan
·         Meniru kata dan suara



Dapat mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana
·      Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti: mama makan)
·      Menggunakan kalimat tanya. (Contoh: Apa, dimana)
·      Menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya: Apa, siapa, dimana
·      Menyebutkan nama dirinya
·      Menyatakan miliknya



Menunjukkan ketertarikan terhadap buku/media cetak lainnya (pramembaca)

·         Membawa buku/media cetak lainnya kepada orang dewasa untuk dibacakan
·         Mulai membuka dan membalik-balikan buku/media cetak lainnya
·         Mulai tertarik dengan isi buku/media cetak lainnya (Contoh: Menanyakan gambar  yang terdapat di dalam buku)
·         Mencocokkan gambar yang terdapat pada satu buku/media cetak lainnya dengan buku/media cetak lainnya
·         Berpura-pura membaca (Bicara dengan gambar yang terdapat pada buku/media cetak lainnya)



Mulai menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (pramenulis)
·         Berpura-pura menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan
·         Mulai menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain

KOGNITIF

Anak mampu bereksplorasi
 terhadap benda yang ada di sekitarnya
Dapat mengamati dan menggunakan benda-benda di sekitarnya








·       Menunjuk bentuk benda-benda sederhana
·       Menyebut nama benda-benda sederhana
·       Menyebutkan posisi benda (jauh-dekat, atas-bawah)
·       Membedakan ukuran benda (besar-kecil)
·       Menunjuk  minimal 4 anggota tubuh 
·       Menyebutkan minimal 4 anggota tubuh 



Dapat bereksplorasi dengan benda di sekitarnya

·       Mengamati apa yang terjadi jika benda dijatuhkan



Dapat merespon benda dan orang yang berada di sekitarnya
·       Mulai banyak bertanya
·       Mulai dapat menemukan benda yang disembunyikan
·       Menanggapi ketika dibacakan buku yang dikenalnya
·       Menolak terhadap sesuatu yang tidak diinginkan

FISIK/MOTORIK

Anak mampu menggerakkan anggota tubuhnya














Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk  melatih otot tangan














·      Memegang benda-benda ukuran kecil dengan jari-jari tangan telunjuk dan jempol
·      Membuat coretan tidak beraturan dengan menggunakan  pinsil/spidol/ krayon
·      Merobek kertas dengan jari-jari tangan
·      Menggerakkan jari-jari tangan
·      Melempar bola ke arah tertentu
·      Menyusun benda tanpa beraturan.
·      Mulai belajar makan sendiri
·         Meraup biji-bijian
·      Memasukkan biji-bijian ke kotak/wadah
·      Mulai belajar menangkap bola


Dapat mengerakkan anggota tubuh untuk melatih otot punggung

·      Mulai belajar membungkukkan badan
·      Menggerakkan/memiringkan tubuh ke kanan dan ke kiri.
·         Menarik dan mendorong benda



Dapat mengerakkan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
·      Berlari ke berbagai arah.
·      Menaiki tangga dengan bantuan.
·      Melompat ke berbagai arah.
·      Mulai belajar menendang bola


Kesehatan Fisik

Menunjukkan kesesuaian antara kesehatan dan perkembangan

·      Kebiasaan tidur mulai berkurang secara bertahap
·      Menunjukkan pertumbuhan gigi yang normal
·      Mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan
·      Memegang makanan dengan menggunakan jari-jari tangan
·      Mulai belajar mengikuti kebiasaan sehat (gosok gigi, cuci tangan)

SENI

Mampu meniru suara dan gerak secara sederhana
Dapat menirukan suara


·      Mulai belajar menirukan suara
·      Menirukan suara-suara disekitarnya



Dapat menirukan gerak

·      Menggerakkan kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara musik/ritmik
·      Bergerak bebas sesuai dengan irama musik

ANAK USIA 2 – 3 TAHUN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
Anak mampu meniru secara sederhana perilaku keagamaan yang dilihat dan didengarnya, mengekspresikan rasa sayang atau cinta kasih sayangnya serta mulai meniru perilaku baik dan sopan
Dapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana







·         Menyebut nama Tuhan
·         Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
·         Menyanyikan lagu keagamaan
·         Mengucapkan salam keagamaan




Dapat mengekpresikan rasa sayang atau cinta kasih sesamanya

·         Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian/ rangkulan
·         Menyayangi binatang
·         Memelihara tanaman
·         Suka menolong teman



Dapat meniru perilaku yang baik dan sopan

·         Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong secara sederhana
·         Mau menjawab sapaan dengan ramah

SOSIAL, EMOSIONAL,  DAN KEMANDIRIAN

Anak mampu beriteraksi, dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, mengenal tagungjawab, mulai menunjukkan kemandirian, disiplin, dan percaya diri
Dapat berinteraksi dengan lingkungan terdekat





·        Mulai menunjukkan senang bermain dengan teman
·         Merespon terhadap beberapa nama teman bermain
·         Senang meniru apa yang dilakukan orang lain
·         Mau menyapa teman



·         Dapat menunjukkan keinginannya

·         Mau memilih sesuatu yang disukai
·         Mempertahankan hak milik
·         Menunjuk benda miliknya



Dapat mengenal diri dan lingkungan Terdekat




·        Menunjuk orang-orang yang terdekat
·        Menyebutkan ciri-ciri dirinya
·        Menyebutkan idintitas dirinya



Dapat menunjukkan kemandirian
·         Dapat ditinggalkan oleh orangtuanya
·         Memilih kegiatan sendiri
·         Mulai dapat menggunakan toilet (wc) namun masih dibantu/diingatkan
·        Makan dan minum sendiri



Dapat mengekpresikan emosi secara wajar
·         Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)
·        Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami kegembiraan (Misal: Melihat hal yang lucu)



Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan

·         Menyimpan mainannya sendiri
·         Mulai mengikuti aturan sederhana


Mulai menunjukkan percaya diri
·         Berani mengungkapkan perasaannya
·         Berani menampilkan kemampuaannya

BAHASA
Anak mampu mendengarkan dan berkomunikasi  secara lisan dengan kalimat sederhana
Dapat mendengarkan
  informasi lisan


·         Mendengarkan cerita
·         Mendengarkan lagu-lagu
·         Melaksanakan perintah sederhana
·         Merespon ketika namanya dipanggil



Dapat mengungkapkan keinginannya melalui ungkapan sederhana

·         Mengucapkan kalimat dengan 2-3 kata (Contoh: Saya mau makan, dll.)
·         Menjawab pertanyaan sederhana “apa, siapa, dimana”
·         Menggunakan kata ganti "aku"
·         Menyebutkan nama diri
·         Meniru dan mengulangi bunyi dan atau kata
·         Menceritakan pengalaman sehari-hari secara sederhana



Dapat mengenal lambang (pramembaca)

·         Menunjukkan lambang suatu benda (Contoh: mengenal lambang/logo dari produk makanan, minuman yang dikenal anak, dll.)
·         Mengemukakan kembali cerita yang digemari
·         Memilih-milih buku/media cetak lainnya menurut kesukaannya
·         Meminta tolong kepada orang dewasa untuk menuliskan cerita gambar yang dibuatnya



Dapat membuat coretan-coretan (pramenulis)

·         Menghasilkan coretan dengan menggunakan berbagai alat tulis
·         Menghasilkan garis-garis dengan alat tulis

KOGNITIF

Anak mampu mengenal  benda dan memanipulasi objek/benda

Dapat mengenal benda






·         Menyebutkan benda-benda di sekitar
·         Menyebutkan berbagai bentuk benda
·         Membedakan warna yang dikenalnya
·         Membedakan ukuran benda (besar-kecil)
·         Membedakan rasa dan bau
·         Membedakan konsep buka-tutup. depan-belakang, keluar-masuk



Dapat  menggunakan benda

·         Menyusun benda  ke atas dan ke samping
·         Memasang puzzel 3 keping
·         Membilang 1-5 (tanpa mengenal konsep)
·         Mengenal konsep 1-2
·         Membedakan banyak-sedikit, sama- tidak sama
·         Membedakan bunyi –bunyian
·         Mulai dapat menggunakan alat untuk memperoleh sesuatu yang berada di luar jangkauannya (Contoh: meraih benda dengan menggunakan alat bantu)
·         Membangun balok dan merobohkannya
·         Menyodok, menjatuhkan, mendorong, menarik, dan meremas benda untuk melihat apa yang akan terjadi
·         Mulai dapat menempatkan benda pada tempat tempat yang sesuai (Contoh: Membuang sampah di tempat sampah, menyimpan mainan ditempatnya, dll.)



Dapat mengenal ciri-ciri benda/orang
·         Mulai mengenal jenis kelamin
·         Menyebutkan bagian tubuh secara sederhana

FISIK/MOTORIK

Anak mampu melakukan
gerak dasar sederhana


Dapat melakukan gerakan di tempat (tidak berpindah)

·         Meniru gerakan senam sederhana
·         Mengekspresikan diri lewat seni musik, dengan berbagai gerakan



Dapat melakukan gerak
berpindah tempat
·         Berjalan dengan kontrol yang baik
·         Berlari lurus ke depan
·         Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm dengan dua kaki
·         Merayap dan merangkak lurus ke depan
·         Menghindari rintangan ketika berjalan
·         Melompat ke depan dengan dua kaki bersama-sama
·         Menirukan gerakan binatang dan tanaman
·         Naik turun tangga dengan berpegangan



Dapat memainkan benda menggunakan tangan atau kaki

·         Menggulirkan bola dengan satu/dua tangan
·         Melempar bola dengan satu atau dua tangan
·         Memasukkan bola ke dalam keranjang
·         Menangkap bola besar yang dilambungkan dengan dua tangan
·         Menendang bola
·         Memegang benda dengan benar
·         Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·         Menuang (air, beras, biji-bijian)
·         Meraup pasir, biji-bijian, beras


Anak mampu menunjukan kontrol dan koordinasi antara tangan dan mata

Dapat melakukan koordinasi mata dan jari-jari untuk kelenturan otot

·         Merobek dengan jari
·         Menggunakan lima jari untuk meremas-remas sesuatu
·         Menggunakan dua jari untuk memegang sesuatu
·         Melipat kertas tak beraturan
·         Menggunting kertas tak beraturan
·         Menggunakan kuas,spidol dan  krayon untuk mencoret-coret bebas
·         Meronce dengan manik-manik yang besar
·         Membedakan permukaan benda melalui perabaan


Anak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya secara sederhana
Menjaga kesehatan fisik diri sendiri

·         Mau makan makanan yang bergizi
·         Menutup mulut ketika batuk atau menguap



Menjaga kebersihan dirinya
·         Menggosok gigi sendiri (dengan pengawasan)
·         Mandi pada waktunya
·         Makan sendiri dengan dibantu
·         Mau cuci tangan sebelum dan sesudah makan

SENI

Anak Mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama dan dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhana
Dapat bergerak bebas mengikuti irama musik





·         Bertepuk tangan mengikuti irama musik
·         Menari mengikuti irama musik
·         Memukul-mukul benda menurut irama musik










Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk coretan sederhana


·         Mengekspresikan diri melalui gambar sederhana
·         Mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk coretan atau gambar

ANAK USIA 3-4 TAHUN

MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA


Anak mampu meniru dan mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan dan  gerakan beribadah secara sederhana serta mulai berperilaku baik atau sopan 
Dapat mengucapkan bacaan doa dan lagu keagamaan secara sederhana



  
·         Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
·         Menirukan lagu-lagu keagamaan





Dapat meniru gerakan ibadah secara sederhana

·         Menirukan sikap berdoa
·         Meniru gerakan ibadah yang sederhana



Dapat mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
·         Menyebut contoh ciptaan Tuhan secara sederhana (Contoh: Kucing, anjing)
·         Menyayangi ciptaan Tuhan (Contoh: Memberi makan binatang peliharaan)
·         Mau menolong teman
·         Menunjukkan empati dan perhatian terhadap orang lain (teman sebaya)



Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku saling menghormati sesama

·         Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong, minta maaf  secara sederhana
·         Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah

SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

Anak mampu beriteraksi, dapat menunjukan reaksi emosi yang wajar, mengenal tanggung jawab, kemandirian dan mulai menunjukkan rasa percaya diri
Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa yang dikenal













·         Senang bermain dengan teman
·         Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
·         Mau bekerja dalam kelompok
·         Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya

·         Meminta perhatian dengan mengangkat tangan, membuat permintaan verbal, atau cara lainnya
·         Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya
·         Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
·         Mau menyapa teman
·         Tidak mengganggu teman
·         Mau mengalah
·         Mau menolong teman
·         Menunjukkan perhatian terhadap orang lain



Dapat menjaga keamanan diri sendiri
·         Menghindari dari benda-benda yang berbahaya
·         Menolak sesuatu yang tidak nyaman bagi dirinya



Mulai menunjukkan rasa percaya diri

·         Menunjukkan kebanggaan atas hasil kerja buatannya
·         Berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat



Dapat menunjukkan kemandirian
·         Menolong dirinya sendiri (makan, minum, kegiatan toilet, dll)
·         Mampu berpisah dengan orangtua tanpa menangis
·         Memilih kegiatan sendiri
·         Melakukan kegiatan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan)


Dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar

·         Dapat dibujuk jika menangis
·         Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)
·         Menunjukkan ekspresi emosi ketika mengalami kegembiraan (Misal: Mendapat hadiah)


Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan

·         Memiliki kebiasaan yang teratur (makan, minum, mandi, tidur)
·         Sabar menunggu giliran



Dapat mengenal rasa tanggungjawab
·         Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
·         Meletakkan sesuatu pada tempatnya
·         Merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan
BAHASA
Anak dapat mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, serta memiliki perbendaharaan kosakata, yang semakin banyak

Dapat mendengarkan informasi lisan






·         Mengikuti dua atau lebih petunjuk/perintah
·         Bertanya dan berkomentar tentang cerita yang didengarnya 
·         Mendengarkan cerita dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa tubuh, menunjukkan gambar, atau menceritakan kembali
·         Mengikuti petunjuk dari tape/CD/lagu untuk melakukan gerakan



Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan jelas

·         Menyebutkan nama diri dan orangtua
·         Berbicara dengan kalimat sederhana dan jelas
·         Menyampaikan pesan dari orangtua ke guru
·         Mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan
·         Mulai bertanya dengan suatu tujuan
·         Menyanyikan lagu sederhana
·         Menggunakan kata tanya "apa, siapa, dimana"
·         Menggunakan kata keterangan (Contoh: Lambat, lucu, dll.)
·         Menjawab pertanyaan tentang hubungan sebab akibat secara sederhana
·         Menggunakan 3-4 kata dalam 1 kalimat
·         Menyebutkan benda sesuai fungsinya
·         Menggunakan kata kepunyaan
·         Meniru bunyi huruf-huruf
·         Menyebutkan suku kata pertama dari kata yang sudah dikenal saat guru mengucapkan suku kata pertma (Contoh: Mengucapkan suku kata “sil” ketika guru mengucapkan suku kata “pen”)
·         Mengenali tulisan nama diri sendiri
·         Menceritakan pengalaman sederhana
·         Menceritakan kembali cerita yang didengarnya/peristiwa yang dialami secara sederhana
·         Berkomentar atas cerita yang dibacakan
·         Berpartisipasi dalam percakapan dengan teman




Mulai menunjukkan dorongan untuk membaca (pramembaca)

·         Tertarik pada buku cerita dan berusaha membaca
·         Memegang buku dengan benar dan membalik halaman satu persatu
·         Menanyakan arti gambar/tulisan pada buku
·         Meminta untuk dibacakan suatu cerita



Dapat mengenal lambang-lambang sederhana (pramenulis)

·         Menunjuk huruf-huruf yang diucapkan guru
·         Mengidentifikasi huruf-huruf yang terdapat dalam namanya sendiri
·         Menunjukkan benda yang diawali dengan huruf tertentu.
·         Menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambar



Dapat menghasilkan coretan-coretan (pramenulis)

·         Mengenali tulisan nama diri sendiri
·         Mencoret-coret  atau menulis seperti cakar ayam
·         Memegang alat tulis dengan benar
·         Menghasilkan coretan/tulisan dengan menggunakan berbagai alat tulis

KOGNITIF

Anak mampu mengenal konsep  sederhana dan dapat mengklasifikasi

Dapat mengenal klasifikasi sederhana





·         Mengelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh: menurut bentuk, warna, ukuran, jenis, dll.)
·         Menunjukkan benda-benda yang memiliki ciri tertentu (misal: kasar-halus)
·         Membedakan rasa, bau, suara



Mulai menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan

·         Membilang 1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang hapalan)
·         Membilang dengan benda(dengan menunjukkan benda yang dibilang)
·         Mengenal konsep 1- 3
·         Menyebutkan empat benda tanpa membilang
·         Menyebutkan banyak anggota keluarga
·         Membedakan banyak benda (Contoh: sedikit-banyak)
·         Menyebutkan konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh: Saya yang kedua)



Mulai menunjukkan pemahaman tentang geometri



·         Menunjukkan bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga)
·         Membedakan benda berdasarkan bentuk geometri


Dapat mengenal konsep ruang dan posisi

·         Membedakan posisi suatu benda (atas-bawah,luar-dalam, jauh-dekat, depan-belakang)
·         Mengikuti perintah tentang posisi (Contoh: Duduk di belakang- didepan)
·         Menempatkan benda sesuai posisi dalam kehidupan sehari-hari (Contoh: Menempatkan tempat tidur ketika bermain rumah-rumahan sama seperti yang ada di rumah)




Dapat mengenal konsep ukuran

·         Membedakan ukuran sederhana (besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah)
·         Membedakan benda yang berat dan ringan
·         Dapat menyebutkan isi wadah



Dapat mengenal konsep waktu

·         Mengenal waktu pagi, siang, dan malam
·         Mengenal konsep sebentar-lama



Dapat memecahkan masalah sederhana

·         Menyusun puzzel 5 keping
·         Mencari jejak/maze sederhana



Dapat mengenal pola sederhana

·         Mengurutkan pola sederhana berdasarkan warna, bentuk, ukuran
·         Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk

FISIK/MOTORIK

Anak mampu melakukan  keterampilan gerak dasar secara sederhana dengan koordinasi yang lebih baik

Dapat melakukan gerak di tempat dengan koordinasi yang lebih baik



·         Melakukan senam
·         Meniru gerakan binatang, pohon dan benda-benda di sekitar
·         Berayun/bergelantungan dengan dua tangan



Dapat melakukan gerak berpindah tempat dengan koordinasi yang lebih baik
·         Berdiri dengan mengangkat satu kaki
·         Berjalan dengan koordinasi gerak yang baik.
·         Naik turun tangga tanpa berpegangan
·         Mendorong, menarik, dan mengendarai mainan beroda atau sepeda roda tiga
·         Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm
·         Memanjat dengan berpegangan
·         Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)
·         Berjalan dengan berbagai variasi seperti berjalan lurus, zigzag,dll.
·         Menangkap bola dengan dua tangan 
·         Memasukkan bola ke dalam keranjang dari jarak tertentu



Dapat melakukan koordinasi mata-tangan dalam rangka kelenturan, kelincahan dan kekuatan

·         Membuka/menutup botol
·         Memegang benda dengan benar
·         Memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari
·         Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·         Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
·         Menggunakan jepitan untuk menjepit sesuatu
·         Melukis dengan jari
·         Menggunakan kuas, spidol, dan krayon untuk mencoret
·         Mengambil dan mengembalikan benda dengan benar
·         Membuat berbagai bentuk dengan playdough/plastisin/tanah liat
·         Meremas kertas untuk dijadikan bola
·         Melipat kertas menjadi dua lipatan secara sederhana
·         Menjiplak garis horizontal dan vertikal
·         Menjahit pola sederhana dengan lubang yang besar
·         Meronce dengan manik-manik yang besar
·         Menggunting bentuk garis lurus
·         Memakai pakaian dan mengancingkannya sendiri dengan bantuan
·         Membuka dan menutup resleting
·         Memakai sepatu dengan bantuan


Anak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya

Melakukan rutinitas kesehatan diri sendiri
·         Memilih makanan dan minuman sehat
·         Menggosok gigi dengan benar sesuai waktuknya dengan bantuan



Melakukan rutinitas kebersihan dirinya
·         Mandi tepat waktu dengan bantuan
·         Makan sendiri tepat waktu
·         Mau melakukan cuci rambut, membersihkan telinga dan memotong kuku secara teratur dengan bantuan

SENI

Anak mampu mengekspresikan diri melalui gerakan dan karya seni
Dapat bergerak sesuai dengan irama musik






·         Bergerak mengikuti irama musik
·         Menggerakan kepala, tangan, kaki mengikuti irama musik
·         Senam irama dengan berbagai variasi
·         Menciptakan gerakan binatang  dan gerakan benda-benda sesuai dengan imajinasi



Dapat bergerak mengikuti benda-benda di lingkungannya

·         Meniru gerakan binatang, dan benda-benda lainnya, seperti: kapal terbang
·         Menciptakan gerakan binatang, tanaman dan benda-benda sesuai dengan imajinasinya



Dapat bernyanyi beberapa lagu



·         Bersenandung/menyanyikan kata-kata pada lirik lagu yang diulang,
·         Menyanyikan beberapa lagu


Dapat membuat irama secara sederhana

·         Bertepuk tangan membentuk irama
·         Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat



Dapat mengekspresikan suatu karya dengan jari









·         Menggambar bebas dengan berbagai media misal: krayon, pensil warna, orang, dll.
·         Melukis dengan jari
·         Melipat kertas secara sederhana
·         Membuat berbagai karya seni sederhana dari berbagai media misal: biji-bijian, potongan kertas dll
·         Membuat berbagai bentuk dari plastisin dengan menggunakan cetakan, digulung, dipotong dll

USIA 4 – 5 TAHUN

MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
Anak mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, menirukan gerakan beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berperilaku baik dan sopan bila diingatkan.
Dapat mengucapkan bacaan doa


Dapat menyanyikan lagu-lagu keagamaan


·         Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
·         Memimpin doa

·         Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana




Dapat mengenal bermacam-macam agama
·         Menyebutkan tempat-tempat ibadah



Dapat melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana
·         Melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana namun masih perlu bimbingan


Dapat menyebutkan hari-hari besar agama
·         Menyebutkan hari-hari besar agama


Dapat mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
·         Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan, misal: Manusia, bumi, langit, tanaman, dan hewan.
·         Menyiram tanaman, memberi makan binatang
·         Mau menolong teman
·         Menghargai teman
·         Mau membagi miliknya, misal: makanan, mainan, dll.
·         Meminjamkan miliknya dengan senang hati



Memiliki rasa sopan santun dan saling menghormati sesama

·         Bersikap ramah
·         Meminta tolong dengan baik
·         Mengucapkan salam
·         Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
·         Berbahasa sopan dalam berbicara
·         Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
·         Mau mengalah
·         Mendengarkan orang tua/teman berbicara
·         Tidak mengganggu teman

SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

Anak mampu beriteraksi, mulai dapat mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiri




















Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa





















·         Mulai mengajak teman untuk bermain
·         Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
·         Mau bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika melakukan kegiatan
·         Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
·         Berbicara dengan teman sebaya tentang rencana dalam bermain (Misal: Membuat aturan bermain)
·         Membuat keputusan ketika bermain dengan teman sebaya (Misal: Memutuskan siapa yang memulai bermain)
·         Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
·         Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa
·         Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
·         Mau menyapa teman dan orang dewasa



Dapat menjaga keamanan diri sendiri

·         Menghindari benda – benda berbahaya


Menunjukkan rasa percaya diri



·         Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya


Dapat menunjukkan kemandirian

·         Memasang kancing atau resleting sendiri
·         Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
·         Mampu makan sendiri
·         Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)
·         Mampu memilih benda untuk bermain
·         Mampu mandi, BAK dan BAB (toilet training) masih dengan bantuan
·         Mampu mengerjakan tugas sendiri
·         Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
·         Mengurus dirinya sendiri dengan bantuan, misalnya: berpakaian



Mulai dapat menunjukkan emosi yang wajar
·         Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
·         Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya



Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan
·         Melaksanakan tata tertib yang ada
·         Mengikuti aturan permainan
·         Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
·         Membuang sampah pada tempatnya
·         Sabar menunggu giliran
·         Berhenti bermain pada waktunya



Mulai dapat bertanggung jawab

·         Melaksanakan tugas yang diberikan
·         Menyelesaikan tugas yang diberikan
·         Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
·         Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati 

BAHASA 
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol
Dapat mendengarkan, membedakan, dan mengucapkan bunyi/suara tertentu









·         Menyebutkan berbagai bunyi/ suara tertentu
·         Menirukan kembali 3 - 4 urutan kata
·         Menyebutkan kata-kata dengan suku kata awal yang sama, misal kaki-kali atau suku kata akhir yang sama, misal nama-sama, dll.
·         Melakukan 2-3 perintah secara sederhana
·         Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana



Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan

·         Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana
·         Menyenceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
·         Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana



Dapat memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
·         Menyebutkan bermacam-macam kata benda yang ada dilingkungan sekitar
·         Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)


Dapat menceritakan gambar (pra membaca)

·         Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
·         Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
·         Menghubungkan gambar/benda dengan kata



Dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dan tulisan (pramembaca)

·         Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
·         Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkan



Dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana (pramenulis)


·         Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
KOGNITIF

Anak mampu mengenal dan memahami  berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Dapat mengenal klasifikasi sederhana







·         Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll
·         Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu


Dapat mengenal konsep-konsep Sains sederhana
·         Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air(terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara



Dapat mengenal bilangan

·         Membilang/menyebut urutan bilangan minimal dari 1  sampai 10
·         Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5
·         Menunjukkan urutan benda untuk bilangan 1 sampai 5
·         Mengenal konsep banyak - sedikit, lebih – kurang, sama – tidak sama
·         Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda- benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis)
·         Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
·         Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda)
·         Menyebutkan hasil pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 5



Dapat mengenal bentuk geometri

·         Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)
·         Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan bentuk-bentuk geometri



Dapat memecahkan masalah sederhana

·         Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana
·         Menyusun kepingan puzzel menjadi bentuk utuh (4 – 6 keping)
·         Mencari lokasi tempat asal suara
·         Memasang benda sesuai dengan pasangannya
·         Menyebutkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya
·         Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
·         Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya
·         Membedakan konsep kasar – halus melalui panca indera



Dapat mengenal konsep ruang dan posisi

·         Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas – bawah, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik – turun, maju – mundur


Dapat mengenal ukuran

·         Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang atau tali)
·         Membedakan konsep berat – ringan, gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera
·         Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
·         Membedakan konsep tebal – tipis
·         Membedakan konsep tinggi – rendah
·         Membedakan konsep besar – kecil
·         Membedakan konsep cepat – lambat



Dapat mengenal konsep waktu
·         Membedakan waktu (pagi, siang, malam)
·         Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan dan tahun


Dapat mengenal berbagai pola
·         Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,….
·         Meronce dengan merjan


Dapat konsep pengetahuan sosial sederhana
·         Menceritakan letak  lokasi dari rumah  ke sekolah
·         Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter, polisi, dll.)
·         Mengenal berbagai macam alat angkutan sederhana (Contoh: Mobil; motor, dll.)

FISIK/MOTORIK

Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi,untuk  kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan



Dapat melakukan gerakan di tempat (gerak dasar non lokomotor)







·         Memutar dan mengayunkan lengan
·         Meliukkan tubuh
·         Membungkukkan badan
·         Senam fatansi bentuk meniru (misal: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena angin sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali dengan lincah



Dapat melakukan gerak berpindah tempat sederhana (gerak dasar lokomotor)

·         Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara, misalnya; berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit (angkat tumit), berjalan mundur
·         Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki
·         Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
·         Memanjat, bergelantung, dan berayun
·         Berdiri dengan tumit
·         Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
·         Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, ke depan dan ke belakang)
·         Merayap dengan berbagai variasi
·         Merangkak dengan berbagai variasi
·         Menaiki benda beroda (Contoh: menaiki sepeda roda dua dengan bantuan roda kecil dua)



Dapat melakukan gerakan jari tangan untuk kelenturan otot (Motorik halus)

·         Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat
·         Meremas kertas/korang meremas parutan kelapa dll.
·         Menjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran
·         Meniru melipat kertas sedehana (1-4 lipatan)
·         Merekat/menempel
·         Menyusun berbagai bentuk dengan balok
·         Memegang pensil (belum sempurna)
·         Meronce dengan manik-manik


Dapat melakukan koordinasi mata-tangan

·         Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, mengikat tali sepatu, mengkancingkan baju, membuka risleting jaket, dll.
·         Menggunting sesuai bentuk melingkar, zigzag, dll.
·         Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
·         Melambungkan dan menangkap objek (bola besar)
·         Memantulkan bola besar pada posisi diam di tempat
·         Memantulkan objek (bola besar) sambil berjalan/bergerak


Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya dengan bantuan

Dapat menunjukkan ciri-ciri  sehat fisik

·         Melakukan berbagai gerakan koordinasi mata-tangan
·         Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti melompat dan berlari.
·         Memiliki kemampuan mendengar
·         Membantu dirinya sendiri (makan, menyisir rambut, memasang tali sepatu dengan sedikit bantuan).
·         Mau melakukan (mencuci rambu, membersihkan telinga, dan memotong kuku secara teratur dengan bantuan
·         Melakukan BAB sendiri secara benar

SENI
Anak mampu mengekpresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan eksplorasi
Dapat menggambar sederhana











·         Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll)
·         Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat
·         Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana.
·         Mencap dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepaya, karet busa, dll.)
·         Mencetak berbagai media (pasir, adonan tepung dll.



Dapat mewarnai sederhana

·         Mewarnai bentuk gambar sederhana
·         Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar



Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media

·         Menyusun  bentuk-bentuk bangunan sederhana dari balok
·         Menyusun bentuk dari kepingan geometri yang sederhana
·         Merangkai bentuk dengan lidi
·         Membatik dan jumputan sederhana
·         Mencocok dengan pola buatan guru
·         Bermain warna dengan berbagai media. Misalnya : krayon, cat air, dll.
·         Melukis dengan jari (finger painting)
·         Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
·         Membuat alat perkusi sederhana (misalnya membuat
krincingan dari tutup botol)
·         Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama



Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana

·         Menggerakkan kepala, tangan atau kaki mengikuti irama musik/ritmik
·         Mengekspresikan diri secara bebas sesuai  irama musik



Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana




·         Menyanyikan lagu secara lengkap
·         Menyanyikan beberapa lagu  anak-anak
·         Mencipta, mengarang syair lagu
·         Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
·         Mengucapkan syair dari berbagai lagu

USIA 5-6 TAHUN

MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

Anak mampu melakukan ibadah dan perilaku keagamaan secara berurutan dan mulai belajar membedakan perilaku baik dan buruk










Dapat melaksanakan ibadah, bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan












          Mengenal tempat-tempat ibadah
          Mengenal hari-hari besar agama
          Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan
          Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal
          Menyanyi lagu-lagu keagamaan
          Bersyair yang bernafaskan agama
          Mulai terlibat dalam acara keagamaan
          Menyimak beberapa cerita bernuansa keagamaan
          Melaksanakan gerakan beribadah secara berurutan namun belum secara rutin



Dapat  menyayangi ciptaan Tuhan

          Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan
          Berbuat baik terhadap sesama teman. Misal: Tidak menggangu orang yang sedang melakukan kegiatan
          Menyiram/merawat  tanaman
          Memberi makan binatang
          Suka menolong teman dan orang dewasa
          Menyayangi sahabat
          Menyayangi yang lebih muda
          Mau berbagi dengan orang lain



Terbiasa berperilaku sopan santun dan saling menghormati sesama

          Bersikap ramah
          Meminta tolong dengan baik
          Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
          Berbahasa sopan dalam berbicara (tidak berteriak)
          Mau mengalah
          Mendengarkan orang tua/teman berbicara
          Tidak mengganggu teman
          Memberi dan membalas salam
          Menutup mulut dan hidung bila bersin/batuk
          Menghormati yang lebih tua
          Menghargai teman/orang lain
          Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara
          Mengucap salam.
          Menyayangi yang lebih muda dan menghormati yang lebih tua



Dapat membedakan perbuatan yang benar dan salah

          Membedakan perbuatan yang benar dan salah
          Menyebutkan perbuatan salah dan benar

SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

Anak mampu beriteraksi, dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya,menunjukan percaya diri, dan dapat menjaga diri sendiri


Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa











          Bersedia bermain dengan teman sebaya tanpa membedakan (warna kulit, keturunan, rambut, agama, dll.)
          Mau memuji teman/orang lain
          Mengajak teman untuk bermain/belajar
          Bermain bersama (permainan halma, ular tangga, dll.)
          Berkomunikasi dengan orang dewasa ketika melakukan sesuatu (membuat kue, memasak, dll.)
          Berkomunikasi dengan temannya ketika mengalami musibah (Misal: Sakit, sedih, dll.)



Dapat menunjukan rasa percaya diri

          Berani bertanya dan menjawab
          Mau mengemukakan pendapat secara sederhana
          Mengambil keputusan secara sederhana
          Bermain pura-pura tentang profesi
          Bekerja secara mandiri
          Berani bercerita secara sederhana


Dapat menunjukkan  sikap kemandirian

          Memasang kancing atau resleting sendiri.
          Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
          Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)
          Mampu mandi sendiri, BAK dan BAB (toilet training)
          Mengerjakan tugas sendiri
          Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
          Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan (misalnya: berpakaian, menggosok gigi, makan)



Dapat menunjukkan emosi yang wajar

          Mau berpisah dengan ibu
          Menerima kritikan dan saran
          Mau memberi dan meminta maaf
          Membantu memecahkan perselisihan/masalah
          Mengekpresikan perasaannya (Misal: Marah, sedih, gembira, kaget, dll.)


Terbiasa menunjukkan sikap kedisplinan dan mentaati peraturan

          Membuang sampah pada tempatnya
          Merapikan mainan setelah digunakan
          Mentaati peraturan yang berlaku
          Berangkat ke sekolah tepat waktu



Dapat bertanggung jawab

          Melaksanakan tugas yang diberikan guru.
          Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
          Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai
          Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberkan
          Memelihara milik sendiri
          Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas



Terbiasa menjaga lingkungan

          Memelihara lingkungan. Misalnya: tidak mencorat coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll.
          Menghemat pemakaian air dan listrik
          Membersihkan peralatan makanan setelah digunakan

BAHASA 
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis, dan berhitung
Dapat mendengar dan membedakan bunyi suara,
kata dan kalimat sederhana












·         Membedakan kembali bunyi/suara tertentu
·         Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misal: kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama (misal: nama-sama dll).
·         Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut.
·         Melakukan 3 - 5 perintah secara berurutan dengan benar
·         Menunjukkan beberapa gambar yang diminta
·         Menirukan kembali bunyi/suara tertentu
·         Menirukan kembali 4-5 urutan kata



Dapat berkomunikasi/ berbicara lancar dengan lafal yang benar

·         Menyebutkan nama diri, nama orang tua,  jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahirannya, alamat rumah dengan lengkap
·         Berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri (sesuai usia anak)
·         Menceritakan pengalaman/ kejadian secara sederhana dengan runtut
·         Menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan tersebut
·         Menjawab pertanyaan sederhana
·         Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang kompleks terdiri atas 5 – 6 kata
·         Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka.
·         Menyebutkan nama  benda yang diperlihatkan
·         Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa
·         Menyebutkan gerakan-gerakan. Misanya : jongkok, duduk, berlari, makan dll.
·         Memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat. Misalnya : di luar, di dalam, di atas, di bawah, di muka, di depan, di belakang, di kiri, di kanan dsb.



Dapat memahami bahwa  ada hubungan antara lisan dengan tulisan (pra membaca)

·         Menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan
·         Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata
·         Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
·         Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 - 6 gambar)
·         Membaca buku cerita bergambar dan menceritakannya



Dapat memahami bahwa  ada hubungan antara gambar dengan tulisan (pramenulis)

·         Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
·         Membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan  dan benda yang dikenal atau dilihatnya
·         Membuat coretan/tulisan yang berbentuk huruf/kata berdasarkan gambar yang dibuatnya
·         Mulai menunjukkan ketetarikan dengan buku/ media cetak

KOGNITIF
Anak mampu mengenaldan memahami  berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Dapat mengenal klasifikasi sederhana







          Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya; Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
          Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu


Dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana

          Menceritakan hasil percobaan sederhana tentang: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan, daun dll.)
          Apa yang terjadi jika balon ditiup lalu dilepaskan
          Benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi) 
          Percobaan dengan magnit mengamati dengan kaca pembesar
          Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara berdasarkan percobaan



Dapat mengenal bilangan dan memahami konsep-konsep matematika sederhana

          Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
          Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 10
          Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 10
          Membedakan konsep banyak - sedikit, lebih – kurang,  sama – tidak sama
          Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda- benda sampai 10 ( anak tidak disuruh menulis)
          Menunjukkan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit dari 2 kumpulan benda
          Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda) dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 10
          Menyebutkan waktu/jam



Dapat mengenal bentuk geometri

          Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat, dll)
          Membedakan benda-benda yang berbentuk geometri
          Membedakan ciri-ciri bentuk geometri
          Menyebutkan benda-benda yang berbentuk geometri



Dapat memecahkan masalah sederhana

·         Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana (tiga empat jalan)
·         Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (7 – 10 keping)
·         Mencari lokasi tempat asal suara
·         Memasang benda sesuai dengan pasangannya
·         Menunjukkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya
·         Menceritakan tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
·         Menceritakan kembali sesuatu berdasarkan ingatannya
          Membedakan konsep kasar – halus melalui panca indera


Dapat mengenal konsep ruang dan posisi

          Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas – bawah, kiri -kanan, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik – turun, maju – mundur



Dapat mengenal ukuran
·         Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, lebar/luas - sempit melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang, tali, lidi dll)
·         Membedakan konsep berat – ringan, gemuk - kurus melalui menimbang benda dengan timbangan/timbangan buatan dan panca indera
·         Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
          Membedakan konsep tebal-tipis, tinggi – rendah, besar-kecil, cepat lambat dsb.



Dapat mengenal konsep waktu

          Membedakan waktu (pagi, siang, malam)
          Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, satu bulan dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun
          Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya misal: waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah dll



Dapat mengenal berbagai pola
·         Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, besok, kemarin)
          Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 3-4 pola yang berurutan. Misalnya merah – putih - biru, merah – putih - biru, merah,….




Dapat mengenal konsep pengetahuan sosial sederhana

·         Menceritakan letak  lokasi dari rumah  ke sekolah atau ke tempat-tempat yang dikenalnya
·         Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter, polisi, pilot, dll.)
·         Mengenal berbagai macam alat transportasi/angkutan sederhana di darat, laut, dan udara (Contoh: Mobil; kapal laut, pesawat terbang,  dll.)
          Memerankan berbagai macam profesi (Contoh: sebagai dokter, polisi, guru, dll.) (bermain peran)

FISIK/MOTORIK

Anak mampu melakukan gerakan tubuh fisik secara terkoordinasi, untuk kelunturan sebagai keseimbangan dan kelincahan



Dapat melakukan gerakan di tempat (motorik kasar)







       Memutar dan mengayunkan lengan
       Meliukkan tubuh
       Membungkukkan badan
       Senam fantasi bentuk meniru. Misal: Menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang dan kencang sekali) dengan lincah



Dapat  melakukan gerak berpindah tempat sederhana (motorik kasar)
       Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara, misalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit, berjalan mundur.
       Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki
       Meloncat dari ketinggian 30 - 40 cm
       Memanjat, bergelantung, dan berayun
       Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
       Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
       Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
       Naik sepeda roda dua, naik otopet



Dapat  melakukan koordinasi mata-tangan (Motorik halus)

       Mengurus dirinya sendiri  tanpa bantuan, misalnya; makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci tangan dan melap tangan, mengikat tali sepatu
       Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari)
       Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat, pasir dll.
       Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
       Meniru melipat kertas sederhana (5-6 lipatan)
       Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) dengan tali rafia, benang wol, tali sepatu dll
       Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, segitiga)
       Mencocok bentuk
       Menyusun berbagai bentuk dari balok-balok
       Membuat lingkaran dan persegi dengan rapi
       Meronce dengan manik-manik sesuai pola
       Meronce dengan berbagai media. Misal: (bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll)



Dapat melakukan gerakan tangan untuk kelenturan otot (motorik kasar)

       Melambungkan berbagai objek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan
       Menangkap objek  sesuai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan
       Melemparkan objek ke berbagai arah dengan tangan kiri atau kanan
       Menggulirkan bola menyusuri tanah/lantai dengan satu atau dua tangan
       Melemparkan objek ke sasaran dengan satu atau dua tangan
       Bermain dengan simpai (di gelindingkan sambil berjalan, berlari dsb)


Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya tanpa bantuan
Dapat melakukan kegiatan untuk kesehatan fisik dan kebersihan diri 
·         Melakukan banyak gerakan koordinasi mata-tangan
·         Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti melompat dan berlari dengan berbagai variasi
·         Memiliki kemampuan mendengar yang baik
·         Membantu dirinya sendiri (makan sendiri, menyisir rambut, memasang tali sepatu, dll. tanpa bantuan)
       Melakukan BAB sendiri secara benar
       Membersihkan telinga, mencuci rambut, memotong kuku dengan bantuan orang lain

SENI

Anank mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya seni
Dapat menggambar sederhana













       Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam) dengan rapi
       Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat, dll
       Menggambar orang dengan lengkap dan proposional
       Mencap dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi


Dapat mewarnai sederhana
       Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi



Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media

       Menciptakan bentuk bangunan dari balok yang lebih kompleks
       Menciptakan bentuk dari kepingan gometri yang` lebih kompleks
       Menciptakan bentuk dengan lidi, tusuk gigi, sedotan dll
          Menganyam dengan berbagai media. Misal: kain perca, daun, sedotan, kertas dll.
          Membatik dan jumputan
          Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media, (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan, dll.)
          Membuat gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/ bahan( segi empat, segitiga, lingkaran dll)
          Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri
          Bermain warna dengan berbagai media. Misal : Krayon, cat air, benang, kelereng dll
          Melukis dengan jari (finger painting)
          Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan dll)
          Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat (misal: gitar, tamburing, dll)
          Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan dll
          Mencipta alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
          Bertepuk tangan dengan 3 pola
          Bertepuk tangan  membentuk irama
       Menciptakan sesuatu dari bahan bekas (misal: membuat mobil-mobilan dari kardus bekas dll)


Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana

          Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kakisesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur
          Bergerak bebas dengan irama musik
          Menari menurut irama/musik yang didengar
          Menyanyi sambil berekspresi sesuai lagu anak
       Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi



Dapat menyayi dan memainkan alat musik sederhana

       Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak
       Menyanyi lagu anak sambil bermain musik



Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya

          Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misal : perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan
          Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu dan cerita
       Mengucapkan syair sajak sambil diiringi senandung lagunya



Dapat melakukan gerakan pantomim

·         Menceritakan gerak pantomin ke          dalam bahasa lisan




 BOLA mata Ngadiyem berkaca-kaca. Sesekali, wanita 58 tahun itu mengehela napas panjang. Dia masih kaget ketika belasan mahasiswi seumuran anak ketiganya, bergantian mencium tangannya.
Sembari menebar senyum, Ngadiyem kembali menuju losnya. Pedagang yang sudah 28 tahun berjualan itu, mengaku tidak menyangka dengan kejutan mahasiswi dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu.
Para mahasiswa itu melakukan aksi cium tangan, memberikan bunga mawar, dan meminta motivasi guna memperingati Hari Ibu 22 Desember di Pasar Gede, Jumat (21/12).
”Seumur-umur baru kali ini dapat kejutan. Saya sangat terharu,” aku Ngadiyem.
Tatapannya masih tampak melayang. Bersandar di losnya yang penuh dagangan aneka buah-buahan itu, Ngadiyem bercerita, belasan mahasiswi yang datang di Pasar Gede, membuat dirinya begitu bangga menjadi seorang ibu dari anak-anaknya. Bahkan, dia mengaku tak mengetahui tanggal peringatan Hari Ibu 22 Desember tersebut.
”Hati saya tadi gemetar dipeluk begitu hangat sama mereka. Saya kira ada apa. Ternyata Hari Ibu. Mereka seumuran anak saya yang ketiga,” harap dia.
Beri Motivasi
Begitu juga dengan Sumarni. Rona kebahagiaan begitu terpancar dari wajahnya tuanya.
Pedagang buah berusia 67 tahun itu mengaku tampak begitu senang. Karena para mahasiswi yang kelak akan menjadi seorang ibu, tiba-tiba memeluk dirinya.
”Saya kaget juga. Mereka juga meminta ikut memberikan motivasi di kain putih. Saya tulis sebisanya. Saya mengharap anak-anak menyayangi ibunya dan buat ibu di rumah bangga,”  katanya.
Di sela-sela acara, koordinator aksi yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa UNS, Ririn Listyawati mengungkapkan, kegiatan tersebut dibuat sebagai bentuk perhatian pada ibu.
Untuk menunjukkan rasa kasih sayang, para mahasiswi juga membawa berbagai ungkapan hati yang dituangkan dalam poster. Seperti ”Kasih Ibu Sepanjang Masa”, ”Wanita Paling Hebat Adalah Ibu” dan ”Ibuku Pahlawanku”.
”Dengan perhatian anak-anaknya, ibu sangat senang. Paling tidak ciuman tangan saat kita akan pergi dan pelukan hangat. Kita ingin mengkampanyekan itu,” jelasnya. (Asep Abdullah-26)
(/)
Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/22/209434/Tangan-Dicium-Bakul-Pasar-Gede-Terharu
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers