LAMPIRAN 2
RANCANGAN STANDAR ISI
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(SEBUAH GAGASAN MASUKAN UNTUK PENGEMBANGAN STANDAR ISI)
I. PENDAHULUAN
A.
Rasional
Pada hakikatnya pendidikan dalam konteks pembangunan nasional
mempunyai fungsi: (1) pemersatu bangsa, (2) penyamaan kesempatan, dan (3)
pengembangan potensi diri. Pendidikan diharapkan dapat memperkuat keutuhan
bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi kesempatan yang
sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan memungkinkan
setiap warga negara untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara
optimal.
Sementara itu, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan dasar hukum penyelenggaraan dan
reformasi sistem pendidikan nasional. Undang-undang tersebut memuat visi, misi,
fungsi dan tujuan pendidikan nasional serta strategi pembangunan pendidikan
nasional, untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, relevan dengan kebutuhan
masyarakat , dan berdaya saing dalam kehidupan global.
Visi pendidikan nasional adalah mewujudkan sistem
pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan
semua warga negara Indonesia
agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif
menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Misi pendidikan nasional adalah:
(1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang
bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia; (2) meningkatkan mutu pendidikan yang
memiliki daya saing di tingkat nasional,
regional dan internasional; (3) meningkatkan relevansi pendidikan dengan
kebutuhan masyarakat dan tantangan global; (4) membantu dan menfasilitasi
pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat
dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; (5) meningkatkan kesiapan masukan
dan kualitas kepribadian yang bermoral; (6) meningkatkan keprofesionalan dan
akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan,
keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar yang bersifat
nasional dan global; dan (7) mendorong peran serta masyarakat prinsip otonomi
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indinesia.
Selain itu, sesuai dengan pasal 28 Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa : (1)
Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, (2)
Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan
formal, nonformal, dan/atau informal, (3) Pendidikan anak usia dini pada jalur
pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal
(RA), atau bentuk lain yang sederajat, (4) Pendidikan anak usia dini pada
jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan
anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat,(5) Pendidikan anak usia dini
pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan
yang diselenggarakan oleh lingkungan. Dan untuk pelaksanaannya diatur lebih
lanjut dengan peraturan pemerintah yang dinyatakan pada pasal (6) Ketentuan
mengenai pendidikan anak usia dini sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat
(2), ayat (3), dan ayat (4) diatur lebih lanjut dengan peraturan
pemerintah.
Anak usia dini merupakan individu yang
berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan
usianya. Masa usia dini (0-6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age), yang pada masa ini
stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan
selanjutnya. Perlu disadari bahwa masa-masa awal kehidupan anak merupakan masa
terpenting dalam rentang kehidupan seseorang anak. Pada masa ini pertumbuhan
otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif).
Mengingat pentingnya masa ini, maka peran stimulasi
berupa penyediaan lingkungan yang kondusif harus disiapkan oleh para pendidik,
baik orang tua, guru, pengasuh ataupun orang dewasa lain yang ada di sekitar
anak, sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh potensinya.
Potensi yang dimaksud meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial,
emosional dan kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan
seni. Pendidikan anak usia dini diberikan pada awal kehidupan anak untuk dapat
berkembang secara optimal.
Upaya pengembangan harus dilakukan melalui kegiatan bermain agar tidak
membuat anak kehilangan masa bermainnya. Bermain merupakan suatu kegiatan yang
menyenangkan bagi anak, bermain juga membantu anak mengenal dirinya, dengan
siapa ia hidup, serta lingkungan tempat ia hidup. Melalui bermain anak
memperoleh kesempatan untuk berkreasi, bereksplorasi, menemukan, dan
mengekspresikan perasaannya.
Atas dasar hal tersebut di atas, maka
perlu dirumuskan
standar isi bagi anak usia dini
yang dikembangkan berdasarkan karakteristik perkembangan anak agar dapat
digunakan oleh para pendidik anak usia dini dalam mengembangkan seluruh potensi
anak. Standar isi ini mencakup aspek moral dan nilai-nilai agama, social,
emosional dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisiomotorik, dan seni.
B. Pengertian
1.
Standar Perkembangan
Standar Perkembangan merupakan pengembangan potensi anak
yang diwujudkan dalam bentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap yang
harus dimiliki oleh anak didik sesuai dengan tahapan usianya
2.
Perkembangan Dasar
Perkembangan
dasar merupakan pernyataan yang diharapkan dapat diketahui, disikapi dan
dilakukan oleh anak didik, yang merupakan. cerminan pengetahuan, keterampilan
dan sikap anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam seluruh
aspek perkembangan.
3.
Indikator
Indikator
merupakan hasil belajar yang lebih spesifik dan terukur dalam satu perkembangan
dasar. Apabila serangkaian indikator dalam satu perkembangan dasar sudah
tercapai, berarti target perkembangan dasar tersebut sudah terpenuhi.
C. Tujuan dan Fungsi
1.
Tujuan
Standar kompetensi
perkembangan anak bertujuan untuk dapat Standar isi bertujuan
untuk membantu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak anak usia
dini, meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan
kemandirian, bahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni, sebagai persiapan untuk
hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
2. Fungsi
a.
Mengemgembangkan sikap dan perilaku yang baik sesuai akidah agama dan norma yang dianut.
b. Mengembangkan
kemampuan sosialisasi dan mengendalikan emosi.
c. Menumbuhkan kemandirian anak.
d. Mengembangkan kemampuan berbahasa.
e. Mengembangkan kemampuan kognitif .
f. Mengembangkan kemampuan fisik/ motorik
g. Mengembangkan daya cipta dan kreativitas
anak
3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Standar kompetensi pendidikan anak
usia dini dikembangkan berdasarkan aspek perkembangan
anak, yang meliputi:
· Perkembangan moral dan
nilai-nilai agama
·
Perkembangan sosial,
emosional dan kemandirian
·
Perkembangan bahasa
·
Perkembangan kognitif
·
Perkembangan
fisik/motorik
·
Perkembangan seni
Standar ini berisikan seperangkat kompetensi yang
diharapkan dapat dikuasai oleh anak sesuai dengan tahapan usianya. yaitu
· Standar Perkembangan anak usia lahir - 1 tahun
· Standar Perkembangan anak usia 1 – 2 tahun
· Standar Perkembangan anak usia 2 – 3 tahun
· Standar Perkembangan anak usia 3 – 4 tahun
· Standar Perkembangan anak usia 4 – 5 tahun
· Standar
Perkembangan anak usia 5 – 6
tahun
4. Prinsip-prinsip
Beberapa prinsip yang perlu
diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan/ pembelajaran pada pendidikan anak usia
dini meliputi:
a.
Berorientasi pada Perkembangan Anak
Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu memberikan kegiatan yang sesuai
dengan tahapan perkembangan anak. Anak merupakan individu yang unik, maka perlu
memperhatikan perbedaan secara individual. Dengan demikian dalam kegiatan yang
disiapkan perlu memperhatikan cara belajar anak yang dimulai dari cara
sederhana ke rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke verbal, dan dari ke-aku-an
ke rasa sosial.
b.
Berorientasi pada Kebutuhan Anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus senantiasa
berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak usia dini adalah anak yang sedang
membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek
perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis, yaitu intelektual, bahasa,
motorik, dan sosio emosional.
c.
Bermain sambil Belajar atau Belajar Seraya
Bermain
Bermain merupakan prinsip
pembelajaran di PAUD. Melalui bermain
anak diajak untuk bereksplorasi untuk mengenal lingkungan sekitar, menemukan
dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak, sehingga pembelajaran
menjadi bermakna bagi anak. Ketika bermain anak memperoleh pengalaman sehingga
anak akan dapat membangun pengertian/pemahaman tentang hal-hal yang dialaminya
d.
Berpusat pada anak
Pembelajaran di PAUD hendaknya
menempatkan anak sebagai subyek pendidikan. Oleh karena itu, semua kegiatan
pembelajran diarahkan atau berpusat pada anak. Dalam pembelajaran berpusat pada
anak, anak diberi kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat
dan aktif melakukan atau mengalami sesndiri. Pendidik bertindak sebagai
pembimbing atau fasilitator.
e.
Lingkungan yang kondusif
Lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa
sehingga menarik dan menyenangkan dengan
memperhatikan keamanan serta kenyamanan yang dapat mendukung kegiatan bermain
anak.
f.
Menggunakan pembelajaran terpadu
Pembelajaran pada pendidikan anak usia dini
menggunakan pembelajaran terpadu. Dimana setiap kegiatan pembelajaran mencakup pengembangan seluruh aspek
perkembangan anak. Hal ini dilakukan karena antara satu aspek perkembangan
dengan aspek perkembangan lainnya saling terkait
.Pembelajaran terpadu dilakukan dengan menggunakan tema sebagai wahana untuk
mengenalkan berbagai konsep kepada anak secara utuh.
g.
Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
Proses pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan
berbagai kecakapan hidup agar anak dapat
menolong diri sendiri, mandiri dan
bertanggungjawab, memiliki disiplin diri serta memperoleh keterampilan
yang berguna bagi kelangsungan hidupnya..
h.
Menggunakan berbagai media edukatif dan
sumber belajar
Media dan sumber pembelajaran memanfaatkan
lingkungan sekitar , nara sumber dan
bahan-bahan yang sengaja disiapkan oleh pendidik /guru.
i.
Dilaksanakan secara bertahap dan berulang–ulang
Pembelajaran bagi anak usia dini hendaknya
dilakukan secara bertahap, dimulai dari konsep yang sederhana dan dekat dengan
anak. Untuk mencapai pemahaman konsep yang optimal maka penyampaiannya dapat
dilakukan secara berulang
j.
Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan
Menyenangkan
Proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan
menyenangkan dapat dilakukan oleh anak yang disiapkan oleh pendidik melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin
tahu anak, memotivasi anak untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru.
Pengelolaan pembelajaran hendaknya dilakukan secara demokratis, mengingat anak
merupakan subjek dalam proses pembelajaran.
k.
10. Pemanfaatan Teknologi Informasi
Pelaksanaan stimulasi pada anak usia dini dapat
memanfaatkan teknologi untuk kelancaran kegiatan, misalnya tape, radio,
televisi, komputer. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran
dimaksudkan untuk memudahkan anak memenuhi rasa ingin tahunya.
D. Rambu - rambu
1. Standar isi ini merupakan acuan bagi
pendidik dalam menyusun program kegiatan atau perencanaan pembelajaran untuk
mencapai optimalisasi perkembangan anak.
2. Standar isi ini merupakan pedoman bagi
para pendidik, orang tua, guru, orang dewasa lain untuk digunakan dalam rnagka
menstimulasi perkembangan anak..
3. Standar isi ini dirancang untuk melayani
anak sesuai dengan tahapan usianya.
4. Standar isi ini merupakan standar
perkembangan yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan tingkat
kemampuan anak.Standar isi ini dirancang sebagai acuan assessment perkembangan anak.
5. Standar perkembangan ini merupakan
perkembangan minimal. Pendidik dapat memberikan pengayaan sejauh tidak
membebani anak dan/atau jika anak telah
menunjukkan keberhasilan
6. Pelaksanaan pembelajaran tidak bersifat
kaku tetapi disesuaikan dengan kondisi daerah.
7. Bagi bentuk satuan pendidikan anak usia
dini yang memiliki kekhasan, misalnya berbasis agama dapat menambah materi
kegiatan sejauh tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan, prinsip-prinsip
pelaksanaan pendidikan dan tidak menyimpang akidah salah satu agama.
RANCANGAN STANDAR PERKEMBANGAN,
PERKEMBANGAN DASAR DAN INDIKATOR
LAHIR S.D 6 TAHUN
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
STANDAR PERKEMBANGAN
|
PERKEMBANGAN DASAR
|
INDIKATOR
|
LAHIR – 1 TAHUN
MORALDAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu memperhatikan perilaku keagamaan yang
diterima melalui inderanya
|
Dapat merespon perilaku
keagamaan melalui inderanya
|
·
Bereaksi ketika mendengarkan senandung lagu bernuansa
keagamaan (mengangguk-angguk, tersenyum, tenang, mencari sumber suara).
·
Bereaksi ketika mendengar doa yang dibacakan.
·
Bereaksi ketika mendengarkan cerita yang bernuansa
keagamaan.
|
|
|
Dapat
merespon rasa sayang
|
·
Merespon rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian,
sentuhan dan senyuman.
|
SOSIAL,
EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu berinteraksi dengan merespon kehadiran orang
lain
|
Dapat berinteraksi dengan
keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
|
·
Menatap wajah orang yang mengajak
berkomunikasi
·
Merespon dengan senyum terhadap orang yang mengajak berkomunikasi
·
Mulai melakukan komunikasi dengan
menggerakan tangan terhadap orang di dekatnya
·
Menunjukkan reaksi yang berbeda
terhadap orang yang dikenal dan orang yang tidak dikenal (Misal: Melalui
tangisan)
· Mengulurkan tangan untuk
diangkat
· Mengangkat tangan
untuk melambai
·
Menutup muka/ bermain cilukba
·
Menangis saat membutuhkan sesuatu
|
|
|
Dapat mengungkapkan suatu
kebutuhan
|
· Menolak
jika diberikan sesuatu yang tidak disukai. Misal dengan cara menggerakkan
tangan, menangis, dll.
|
|
|
Dapat mengenal diri sendiri
|
·
Mulai melihat bayangan di cermin
dan tersenyum
|
|
|
Mulai menunjukkan kemandirian
|
· Mulai
minum dengan gelas
|
BAHASA
|
Anak
mampu merespon suara dan mengucapkan satu kata yang bermakna
|
Dapat
memahami isyarat dan perkataan orang
lain secara sederhana
|
·
Bereaksi terhadap isyarat orang
lain secara sederhana (Contoh: kedipan mata, geleng kepala, anggukan, gerakan tubuh, dan tangan)
·
Bereaksi terhadap sumber suara
·
Merespon bila dipanggil
namanya
|
|
|
Dapat
mengungkapkan keinginannya secara sedehana
|
·
Mengoceh atau mengeluarkan
suara-suara
·
Mengucapkan kata
(Contoh: papa, mama)
·
Mulai meniru suara-suara
|
|
|
Mulai
menunjukkan ketertarikan dengan buku/media cetak lainnya (pramembaca)
|
· Mulai mengeksplorasi buku dengan
memasukkan buku.media cetak lainnya ke dalam mulut atau memukul-mukul
buku/media cetak
· Mulai memperhatikan
buku-buku/media cetak lainnya yang memiliki gambar dan warna yang menarik
|
KOGNITIF
|
Anak mampu menyadari keberadaan
benda yang tidak dilihatnya
|
Dapat memahami keberadaan benda
yang terlihat dan disembunyikan
|
·
Melihat wajah orang dan benda-benda
terdekat
·
Mengamati anggota tubuhnya sendiri
(tangan, kaki, jari kaki, jari tangan)
· Mengamati benda di sekitarnya
· Mengamati gerakan benda
·
Mencari benda yang disembunyikan
·
Mengikuti suara dan gerakan yang
dikenalnya
|
|
|
Dapat bereksplorasi (mencari
tahu) tentang benda di sekitarnya
|
·
Menyentuh dan memasukkan benda
ke mulutnya
·
Membanting atau mengetuk-ngetuk
benda ke meja atau lantai
|
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu menggerakkan tangan,
lengan, kaki, kepala, dan badan.
|
Dapat menunjukkan gerakan
tangan melalui reflek sederhana
|
·
Meraih sebuah benda.
·
Melempar benda yang
dipegang.
·
Memainkan jari-jari
tangan dan kaki
·
Menarik benda-benda di
sekitarnya
·
Meremas-remas kertas
·
Memegang benda atau
mainan
·
Mulai
memainkan botol saat minum susu
·
Merobek
kertas dengan tangan
·
Memasukkan sesuatu ke dalam mulut
|
|
|
Dapat menunjukkan gerakan tubuh
secara berulang-ulang
|
·
Menggerakkan jari-jari kaki
·
Berguling ke kanan dan
ke kiri.
·
Mengangkat kepala dan
dada bila ditengkurapkan
·
Merayap ke berbagai
arah.
·
Merangkak ke berbagai
arah.
·
Duduk tanpa bantuan.
·
Memutar badan ke kiri
dan ke kanan
|
|
|
Dapat menunjukkan gerakan tubuh yang
terkoordinasi
|
·
Berdiri dengan
berpegangan atau dibantu
·
Berjalan beberapa
langkah
·
Berjalan sambil
berpegangan ke dinding
·
Memainkan bola dengan
tangan
|
|
Kesehatan Fisik
|
Menunjukkan kesesuaian antara kesehatan dan perkembangan
|
· Menunjukkan pertumbuhan tinggi dan berat badan ideal sesuai usia
· Mulai suka menggigit
·
Mulai berlajar minum
dengan menggunakan gelas
|
SENI
|
Anak mampu bereaksi terhadap
irama yang didengarnya
|
Dapat bereaksi ketika mendengar
irama
|
·
Bertepuk tangan
·
Menggerakkan tangan, kepala, atau
kaki ketika mendengar irama
|
USIA 1-2 TAHUN
MORAL DAN
NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mulai mampu meniru
perilaku keagamaan secara sederhana serta mengekspresikan rasa sayang dan
cinta kasih
|
Dapat meniru perilaku keagamaan
secara sederhana
|
·
Mendengarkan senandung lagu bernuansa keagamaan
·
Menirukan senandung lagu bernuansa keagamaan.
·
Mengikuti/menirukan bacaan doa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan.
·
Menirukan sebagian gerakan ibadah.
·
Mendengarkan cerita bernuansa keagamaan
·
Merespon cerita bernuansa keagamaan.
·
Mendengarkan sebutan nama Tuhan
·
Menirukan sebutan nama Tuhan
|
|
|
Dapat meniru ucapan
dan jawaban salam
|
·
Menirukan ucapan salam
·
Menirukan jawaban salam
|
|
|
Dapat
mengekspresikan rasa sayang dan cinta kasih
|
·
Menunjukkan rasa sayang
dan cinta kasih melalui belaian/rangkulan/ciuman
|
SOSIAL,
EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu berinteraksi dengan
lingkungan terdekatnya(keluarga) dan menunjukkan keinginannya
|
Dapat berinteraksi
dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
|
· Mengenal wajah orang yang di dekatnya
· Bereaksi apabila melihat wajah orang yang
dikenalnya
· Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang
dikenal dan yang tidak dikenal. Misal: Bersembunyi di
belakang orang terdekat (Ibu, guru, pengasuh)
·
Mulai berminat bermain bersama anak
lain dengan mainan yang sama
·
Mulai senang hal yang lucu (tertawa
ketika merespon sesuatu yang lucu)
|
|
|
Dapat menyatakan suatu
Kebutuhan
|
·
Menyatakan keinginan dengan ekpresi emosi, misal
merajuk, merengek, atau menangis
·
Mengatakan jika ingin buang air
·
Meminta bantuan kepada orang yang dikenalnya ketika
miliknya diambil orang (temannya)
|
|
|
Dapat mengenal diri sendiri
|
·
Dapat menyatakan kepemilikannya (Misal: Bonekaku,
mainanku, dll.)
|
|
|
Mulai dapat menunjukkan
kemandirian
|
·
Berlatih untuk menggunakan toilet.
· Mulai
dapat makan sendiri
|
|
|
Mulai dapat mengekpresikan
emosi secara wajar
|
·
Mengekspresikan rasa senang, takut, marah, dan
kaget.
·
Bermain pura-pura (bermain peran)
|
BAHASA
|
Anak mampu mengerti isyarat dan
perkataan oranglain serta mengucapkan keinginanya secara sederhana
|
Dapat memahami perkataan orang
lain secara sederhana
|
·
Melaksanakan beberapa perintah
sederhana
·
Bereaksi terhadap larangan
·
Meniru kata dan suara
|
|
|
Dapat mengungkapkan keinginan
dan pikirannya secara sederhana
|
·
Mengucapkan kalimat yang terdiri
dari dua kata (seperti: mama makan)
·
Menggunakan kalimat tanya. (Contoh:
Apa, dimana)
·
Menjawab pertanyaan yang
menggunakan kata tanya: Apa, siapa, dimana
·
Menyebutkan nama dirinya
·
Menyatakan miliknya
|
|
|
Menunjukkan ketertarikan terhadap buku/media
cetak lainnya (pramembaca)
|
·
Membawa buku/media cetak lainnya kepada orang dewasa
untuk dibacakan
·
Mulai membuka dan membalik-balikan buku/media cetak
lainnya
·
Mulai tertarik dengan isi buku/media cetak lainnya
(Contoh: Menanyakan gambar yang
terdapat di dalam buku)
·
Mencocokkan gambar yang terdapat pada satu buku/media
cetak lainnya dengan buku/media cetak lainnya
·
Berpura-pura membaca (Bicara dengan gambar yang
terdapat pada buku/media cetak lainnya)
|
|
|
Mulai menggunakan alat tulis
untuk membuat gambar atau tulisan (pramenulis)
|
·
Berpura-pura
menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan
·
Mulai
menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain
|
KOGNITIF
|
Anak mampu bereksplorasi
terhadap benda yang ada di
sekitarnya
|
Dapat mengamati dan menggunakan
benda-benda di sekitarnya
|
· Menunjuk bentuk
benda-benda sederhana
·
Menyebut nama benda-benda sederhana
·
Menyebutkan posisi benda (jauh-dekat, atas-bawah)
·
Membedakan ukuran benda (besar-kecil)
·
Menunjuk minimal
4 anggota tubuh
·
Menyebutkan minimal 4 anggota tubuh
|
|
|
Dapat bereksplorasi dengan benda di sekitarnya
|
·
Mengamati apa yang terjadi jika benda dijatuhkan
|
|
|
Dapat merespon benda dan orang
yang berada di sekitarnya
|
·
Mulai banyak bertanya
·
Mulai dapat menemukan benda yang disembunyikan
·
Menanggapi ketika dibacakan buku yang dikenalnya
·
Menolak terhadap sesuatu yang tidak diinginkan
|
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu menggerakkan anggota
tubuhnya
|
Dapat menggerakkan
anggota tubuh untuk melatih otot
tangan
|
· Memegang benda-benda ukuran kecil dengan
jari-jari tangan telunjuk dan jempol
·
Membuat coretan tidak
beraturan dengan menggunakan
pinsil/spidol/ krayon
·
Merobek kertas dengan
jari-jari tangan
·
Menggerakkan jari-jari
tangan
·
Melempar bola ke arah
tertentu
·
Menyusun benda tanpa beraturan.
·
Mulai belajar makan sendiri
·
Meraup
biji-bijian
·
Memasukkan biji-bijian ke kotak/wadah
·
Mulai belajar menangkap bola
|
|
|
Dapat mengerakkan anggota tubuh untuk melatih otot
punggung
|
· Mulai belajar
membungkukkan badan
·
Menggerakkan/memiringkan
tubuh ke kanan dan ke kiri.
·
Menarik dan mendorong benda
|
|
|
Dapat mengerakkan
anggota tubuh untuk melatih otot kaki
|
·
Berlari ke berbagai arah.
·
Menaiki tangga dengan
bantuan.
·
Melompat ke berbagai
arah.
·
Mulai belajar menendang
bola
|
|
Kesehatan Fisik
|
Menunjukkan kesesuaian antara
kesehatan dan perkembangan
|
· Kebiasaan tidur mulai berkurang secara bertahap
· Menunjukkan pertumbuhan gigi yang normal
· Mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan
· Memegang makanan dengan menggunakan jari-jari tangan
·
Mulai
belajar mengikuti kebiasaan sehat (gosok gigi, cuci tangan)
|
SENI
|
Mampu meniru suara dan gerak
secara sederhana
|
Dapat menirukan
suara
|
·
Mulai belajar menirukan
suara
·
Menirukan suara-suara
disekitarnya
|
|
|
Dapat menirukan gerak
|
·
Menggerakkan kepala,
tangan atau kaki ketika mendengar suara musik/ritmik
·
Bergerak bebas sesuai
dengan irama musik
|
ANAK
USIA 2 – 3 TAHUN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu meniru secara sederhana perilaku keagamaan
yang dilihat dan didengarnya, mengekspresikan rasa sayang atau cinta kasih
sayangnya serta mulai meniru perilaku baik dan sopan
|
Dapat meniru
perilaku keagamaan secara sederhana
|
·
Menyebut nama Tuhan
·
Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan
·
Menyanyikan
lagu keagamaan
·
Mengucapkan
salam keagamaan
|
|
|
Dapat mengekpresikan rasa sayang atau cinta kasih
sesamanya
|
·
Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih melalui
belaian/ rangkulan
·
Menyayangi
binatang
·
Memelihara
tanaman
·
Suka menolong
teman
|
|
|
Dapat meniru perilaku yang baik dan
sopan
|
·
Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong secara
sederhana
·
Mau menjawab sapaan dengan ramah
|
SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu
beriteraksi, dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, mengenal tagungjawab,
mulai menunjukkan kemandirian, disiplin, dan percaya diri
|
Dapat berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
·
Mulai menunjukkan senang bermain dengan teman
·
Merespon terhadap beberapa nama teman bermain
·
Senang meniru apa yang dilakukan orang lain
·
Mau menyapa
teman
|
|
|
·
Dapat
menunjukkan keinginannya
|
·
Mau memilih sesuatu yang disukai
·
Mempertahankan
hak milik
·
Menunjuk benda
miliknya
|
|
|
Dapat mengenal diri
dan lingkungan Terdekat
|
·
Menunjuk orang-orang yang terdekat
·
Menyebutkan ciri-ciri dirinya
·
Menyebutkan idintitas dirinya
|
|
|
Dapat menunjukkan
kemandirian
|
·
Dapat
ditinggalkan oleh orangtuanya
·
Memilih kegiatan
sendiri
·
Mulai dapat
menggunakan toilet (wc) namun masih dibantu/diingatkan
·
Makan dan minum
sendiri
|
|
|
Dapat mengekpresikan emosi
secara wajar
|
·
Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami
ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)
·
Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami
kegembiraan (Misal: Melihat hal yang lucu)
|
|
|
Mulai menunjukkan sikap
kedisiplinan
|
·
Menyimpan
mainannya sendiri
·
Mulai
mengikuti aturan sederhana
|
|
|
Mulai menunjukkan
percaya diri
|
·
Berani mengungkapkan perasaannya
·
Berani menampilkan kemampuaannya
|
BAHASA
|
Anak mampu mendengarkan dan
berkomunikasi secara lisan dengan
kalimat sederhana
|
Dapat mendengarkan
informasi lisan
|
·
Mendengarkan
cerita
·
Mendengarkan lagu-lagu
·
Melaksanakan
perintah sederhana
·
Merespon ketika namanya dipanggil
|
|
|
Dapat mengungkapkan keinginannya melalui
ungkapan sederhana
|
·
Mengucapkan kalimat dengan 2-3 kata (Contoh: Saya mau
makan, dll.)
·
Menjawab pertanyaan sederhana “apa, siapa, dimana”
·
Menggunakan
kata ganti "aku"
·
Menyebutkan
nama diri
·
Meniru dan mengulangi bunyi dan atau kata
·
Menceritakan pengalaman sehari-hari secara sederhana
|
|
|
Dapat mengenal lambang (pramembaca)
|
·
Menunjukkan lambang suatu benda (Contoh: mengenal
lambang/logo dari produk makanan, minuman yang dikenal anak, dll.)
·
Mengemukakan
kembali cerita yang digemari
·
Memilih-milih
buku/media cetak lainnya menurut kesukaannya
·
Meminta tolong
kepada orang dewasa untuk menuliskan cerita gambar yang dibuatnya
|
|
|
Dapat membuat coretan-coretan (pramenulis)
|
·
Menghasilkan coretan dengan menggunakan
berbagai alat tulis
·
Menghasilkan garis-garis dengan alat tulis
|
KOGNITIF
|
Anak mampu mengenal benda dan memanipulasi objek/benda
|
Dapat mengenal benda
|
·
Menyebutkan benda-benda di sekitar
·
Menyebutkan
berbagai bentuk benda
·
Membedakan warna yang dikenalnya
·
Membedakan ukuran benda (besar-kecil)
·
Membedakan rasa
dan bau
·
Membedakan
konsep buka-tutup. depan-belakang, keluar-masuk
|
|
|
Dapat menggunakan benda
|
·
Menyusun benda ke atas dan ke samping
·
Memasang
puzzel 3 keping
·
Membilang
1-5 (tanpa mengenal konsep)
·
Mengenal
konsep 1-2
·
Membedakan
banyak-sedikit, sama- tidak sama
·
Membedakan
bunyi –bunyian
·
Mulai
dapat menggunakan alat untuk memperoleh sesuatu yang berada di luar
jangkauannya (Contoh: meraih benda dengan menggunakan alat bantu)
·
Membangun balok dan merobohkannya
·
Menyodok,
menjatuhkan, mendorong, menarik, dan meremas benda untuk melihat apa yang
akan terjadi
·
Mulai
dapat menempatkan benda pada tempat tempat yang sesuai (Contoh: Membuang
sampah di tempat sampah, menyimpan mainan ditempatnya, dll.)
|
|
|
Dapat mengenal
ciri-ciri benda/orang
|
·
Mulai mengenal jenis kelamin
·
Menyebutkan bagian tubuh secara sederhana
|
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu
melakukan
gerak dasar sederhana
|
Dapat melakukan
gerakan di tempat (tidak berpindah)
|
·
Meniru
gerakan senam sederhana
·
Mengekspresikan
diri lewat seni musik, dengan berbagai gerakan
|
|
|
Dapat melakukan gerak
berpindah tempat
|
·
Berjalan dengan kontrol yang baik
·
Berlari
lurus ke depan
·
Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm
dengan dua kaki
·
Merayap dan merangkak lurus ke depan
·
Menghindari
rintangan ketika berjalan
·
Melompat ke depan dengan dua kaki
bersama-sama
·
Menirukan gerakan binatang dan tanaman
·
Naik turun tangga dengan berpegangan
|
|
|
Dapat memainkan benda menggunakan tangan atau
kaki
|
·
Menggulirkan bola dengan satu/dua tangan
·
Melempar bola dengan satu atau dua tangan
·
Memasukkan bola ke dalam keranjang
·
Menangkap bola besar yang
dilambungkan dengan dua tangan
·
Menendang bola
·
Memegang benda
dengan benar
·
Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·
Menuang (air, beras, biji-bijian)
·
Meraup pasir, biji-bijian, beras
|
|
Anak mampu menunjukan kontrol dan koordinasi
antara tangan dan mata
|
Dapat melakukan koordinasi mata dan
jari-jari untuk kelenturan otot
|
·
Merobek
dengan jari
·
Menggunakan lima jari untuk meremas-remas
sesuatu
·
Menggunakan dua jari untuk memegang sesuatu
·
Melipat
kertas tak beraturan
·
Menggunting
kertas tak beraturan
·
Menggunakan
kuas,spidol dan krayon untuk
mencoret-coret bebas
·
Meronce dengan manik-manik yang besar
·
Membedakan permukaan benda melalui perabaan
|
|
Anak mampu menunjukkan
kesehatan fisik dan kebersihan dirinya secara sederhana
|
Menjaga kesehatan fisik diri sendiri
|
·
Mau makan makanan yang bergizi
·
Menutup mulut ketika batuk atau menguap
|
|
|
Menjaga kebersihan dirinya
|
·
Menggosok gigi sendiri (dengan pengawasan)
·
Mandi pada waktunya
·
Makan sendiri dengan dibantu
·
Mau cuci tangan sebelum dan sesudah makan
|
SENI
|
Anak
Mampu melakukan berbagai gerakan anggota tubuhnya sesuai dengan irama dan
dapat mengekspresikan diri dalam bentuk goresan sederhana
|
Dapat bergerak bebas mengikuti
irama musik
|
·
Bertepuk tangan mengikuti irama musik
·
Menari mengikuti irama musik
·
Memukul-mukul benda menurut irama musik
|
|
|
Dapat mengekspresikan diri
dalam bentuk coretan sederhana
|
·
Mengekspresikan diri melalui gambar
sederhana
·
Mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk
coretan atau gambar
|
ANAK
USIA 3-4 TAHUN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu meniru dan
mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan dan gerakan beribadah secara sederhana serta mulai berperilaku baik atau sopan
|
Dapat mengucapkan bacaan doa
dan lagu keagamaan secara sederhana
|
·
Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan
·
Menirukan lagu-lagu keagamaan
|
|
|
Dapat meniru gerakan ibadah secara sederhana
|
·
Menirukan sikap berdoa
·
Meniru gerakan ibadah yang sederhana
|
|
|
Dapat mengenal dan menyayangi
ciptaan Tuhan
|
·
Menyebut contoh ciptaan Tuhan secara sederhana (Contoh:
Kucing, anjing)
·
Menyayangi ciptaan Tuhan (Contoh: Memberi makan
binatang peliharaan)
·
Mau menolong teman
·
Menunjukkan empati dan perhatian terhadap orang lain
(teman sebaya)
|
|
|
Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku saling menghormati
sesama
|
·
Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong, minta
maaf secara sederhana
·
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
|
SOSIAL,
EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu beriteraksi, dapat
menunjukan reaksi emosi yang wajar, mengenal tanggung jawab, kemandirian dan mulai
menunjukkan rasa percaya diri
|
Dapat berinteraksi dengan teman
sebaya dan orang dewasa yang dikenal
|
·
Senang
bermain dengan teman
·
Meminta izin bila menggunakan benda milik
orang lain
·
Mau
bekerja dalam kelompok
·
Berkomunikasi dengan orang-orang yang
ditemuinya
·
Meminta perhatian dengan mengangkat tangan,
membuat permintaan verbal, atau cara lainnya
·
Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa
yang dikenalnya
·
Mengadukan masalah kepada orang dewasa
ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
·
Mau
menyapa teman
·
Tidak
mengganggu teman
·
Mau
mengalah
·
Mau
menolong teman
·
Menunjukkan
perhatian terhadap orang lain
|
|
|
Dapat menjaga keamanan diri
sendiri
|
·
Menghindari dari benda-benda yang berbahaya
·
Menolak sesuatu yang tidak nyaman bagi
dirinya
|
|
|
Mulai menunjukkan rasa percaya diri
|
·
Menunjukkan kebanggaan atas hasil kerja
buatannya
·
Berani
mengungkapkan pertanyaan atau pendapat
|
|
|
Dapat menunjukkan kemandirian
|
·
Menolong dirinya sendiri (makan, minum,
kegiatan toilet, dll)
·
Mampu berpisah dengan orangtua tanpa
menangis
·
Memilih
kegiatan sendiri
·
Melakukan
kegiatan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan)
|
|
|
Dapat menunjukkan reaksi emosi yang wajar
|
·
Dapat
dibujuk jika menangis
·
Menunjukkan
ekspresi emosi ketika mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)
·
Menunjukkan
ekspresi emosi ketika mengalami kegembiraan (Misal: Mendapat hadiah)
|
|
|
Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan
|
·
Memiliki kebiasaan yang teratur (makan, minum, mandi,
tidur)
·
Sabar menunggu
giliran
|
|
|
Dapat mengenal rasa
tanggungjawab
|
·
Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
·
Meletakkan sesuatu pada tempatnya
·
Merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan
|
BAHASA
|
Anak dapat mendengarkan,
berkomunikasi secara lisan, serta memiliki perbendaharaan kosakata, yang semakin banyak
|
Dapat mendengarkan informasi
lisan
|
·
Mengikuti dua atau lebih petunjuk/perintah
·
Bertanya dan berkomentar tentang cerita yang
didengarnya
·
Mendengarkan cerita dan menunjukkan pemahaman melalui
bahasa tubuh, menunjukkan gambar, atau menceritakan kembali
·
Mengikuti petunjuk dari tape/CD/lagu untuk melakukan
gerakan
|
|
|
Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan
jelas
|
·
Menyebutkan nama diri dan orangtua
·
Berbicara dengan kalimat sederhana dan jelas
·
Menyampaikan pesan dari orangtua ke guru
·
Mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan
·
Mulai bertanya dengan suatu tujuan
·
Menyanyikan lagu sederhana
·
Menggunakan kata tanya "apa, siapa, dimana"
·
Menggunakan kata keterangan (Contoh: Lambat, lucu,
dll.)
·
Menjawab pertanyaan tentang hubungan sebab akibat
secara sederhana
·
Menggunakan 3-4 kata dalam 1 kalimat
·
Menyebutkan benda sesuai fungsinya
·
Menggunakan kata kepunyaan
·
Meniru bunyi huruf-huruf
·
Menyebutkan suku kata pertama dari kata yang sudah
dikenal saat guru mengucapkan suku kata pertma (Contoh: Mengucapkan suku kata
“sil” ketika guru mengucapkan suku kata “pen”)
·
Mengenali tulisan nama diri sendiri
·
Menceritakan pengalaman sederhana
·
Menceritakan kembali cerita yang didengarnya/peristiwa
yang dialami secara sederhana
·
Berkomentar atas cerita yang dibacakan
·
Berpartisipasi dalam percakapan dengan teman
|
|
|
Mulai menunjukkan dorongan untuk membaca (pramembaca)
|
·
Tertarik pada buku cerita dan berusaha membaca
·
Memegang buku dengan benar dan membalik halaman satu
persatu
·
Menanyakan arti gambar/tulisan pada buku
·
Meminta untuk dibacakan suatu cerita
|
|
|
Dapat mengenal lambang-lambang sederhana (pramenulis)
|
·
Menunjuk huruf-huruf yang diucapkan guru
·
Mengidentifikasi huruf-huruf yang terdapat dalam
namanya sendiri
·
Menunjukkan benda yang diawali dengan huruf tertentu.
·
Menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambar
|
|
|
Dapat menghasilkan coretan-coretan (pramenulis)
|
·
Mengenali tulisan nama diri sendiri
·
Mencoret-coret
atau menulis seperti cakar ayam
·
Memegang alat tulis dengan benar
·
Menghasilkan coretan/tulisan dengan menggunakan
berbagai alat tulis
|
KOGNITIF
|
Anak mampu mengenal konsep sederhana dan dapat mengklasifikasi
|
Dapat mengenal klasifikasi
sederhana
|
·
Mengelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh:
menurut bentuk, warna, ukuran, jenis, dll.)
·
Menunjukkan benda-benda yang memiliki ciri
tertentu (misal: kasar-halus)
·
Membedakan rasa, bau, suara
|
|
|
Mulai menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan
|
·
Membilang 1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang
hapalan)
·
Membilang dengan benda(dengan menunjukkan benda yang
dibilang)
·
Mengenal konsep
1- 3
·
Menyebutkan empat benda tanpa membilang
·
Menyebutkan
banyak anggota keluarga
·
Membedakan
banyak benda (Contoh: sedikit-banyak)
·
Menyebutkan
konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh: Saya yang kedua)
|
|
|
Mulai menunjukkan pemahaman tentang geometri
|
·
Menunjukkan bentuk geometri (lingkaran,
segiempat, segitiga)
·
Membedakan benda berdasarkan bentuk
geometri
|
|
|
Dapat mengenal konsep ruang dan posisi
|
·
Membedakan posisi suatu benda (atas-bawah,luar-dalam,
jauh-dekat, depan-belakang)
·
Mengikuti perintah tentang posisi (Contoh: Duduk di
belakang- didepan)
·
Menempatkan benda sesuai posisi dalam kehidupan
sehari-hari (Contoh: Menempatkan tempat tidur ketika bermain rumah-rumahan
sama seperti yang ada di rumah)
|
|
|
Dapat mengenal konsep ukuran
|
·
Membedakan ukuran sederhana (besar-kecil,
panjang-pendek, tinggi-rendah)
·
Membedakan benda yang berat dan ringan
·
Dapat menyebutkan isi wadah
|
|
|
Dapat mengenal konsep waktu
|
·
Mengenal waktu pagi, siang, dan malam
·
Mengenal konsep sebentar-lama
|
|
|
Dapat memecahkan masalah sederhana
|
·
Menyusun
puzzel 5 keping
·
Mencari
jejak/maze sederhana
|
|
|
Dapat mengenal pola sederhana
|
·
Mengurutkan pola sederhana berdasarkan warna, bentuk,
ukuran
·
Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran,
warna, dan bentuk
|
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu
melakukan keterampilan gerak dasar
secara sederhana dengan koordinasi yang lebih baik
|
Dapat melakukan
gerak di tempat dengan koordinasi yang lebih baik
|
·
Melakukan senam
·
Meniru gerakan binatang, pohon dan
benda-benda di sekitar
·
Berayun/bergelantungan dengan dua tangan
|
|
|
Dapat melakukan gerak berpindah
tempat dengan koordinasi yang lebih baik
|
·
Berdiri dengan mengangkat satu kaki
·
Berjalan dengan koordinasi gerak yang baik.
·
Naik turun
tangga tanpa berpegangan
·
Mendorong, menarik, dan mengendarai mainan beroda atau
sepeda roda tiga
·
Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm
·
Memanjat dengan
berpegangan
·
Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)
·
Berjalan dengan berbagai variasi seperti berjalan
lurus, zigzag,dll.
·
Menangkap bola dengan dua tangan
·
Memasukkan bola ke dalam keranjang dari jarak tertentu
|
|
|
Dapat melakukan koordinasi mata-tangan dalam
rangka kelenturan, kelincahan dan kekuatan
|
·
Membuka/menutup botol
·
Memegang benda dengan benar
·
Memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari
·
Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·
Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
·
Menggunakan jepitan untuk menjepit sesuatu
·
Melukis
dengan jari
·
Menggunakan
kuas, spidol, dan krayon untuk mencoret
·
Mengambil dan mengembalikan benda dengan
benar
·
Membuat
berbagai bentuk dengan playdough/plastisin/tanah liat
·
Meremas kertas untuk dijadikan bola
·
Melipat kertas menjadi dua lipatan secara
sederhana
·
Menjiplak garis horizontal dan vertikal
·
Menjahit pola sederhana dengan lubang yang
besar
·
Meronce dengan manik-manik yang besar
·
Menggunting bentuk garis lurus
·
Memakai pakaian dan mengancingkannya
sendiri dengan bantuan
·
Membuka dan menutup resleting
·
Memakai
sepatu dengan bantuan
|
|
Anak mampu menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan
dirinya
|
Melakukan rutinitas
kesehatan diri sendiri
|
·
Memilih makanan dan minuman sehat
·
Menggosok gigi dengan benar sesuai
waktuknya dengan bantuan
|
|
|
Melakukan rutinitas
kebersihan dirinya
|
·
Mandi tepat waktu dengan bantuan
·
Makan sendiri tepat waktu
·
Mau melakukan cuci rambut, membersihkan
telinga dan memotong kuku secara teratur dengan bantuan
|
SENI
|
Anak mampu
mengekspresikan diri melalui gerakan dan karya seni
|
Dapat bergerak
sesuai dengan irama musik
|
·
Bergerak mengikuti irama musik
·
Menggerakan kepala, tangan, kaki mengikuti
irama musik
·
Senam
irama dengan berbagai variasi
·
Menciptakan
gerakan binatang dan gerakan
benda-benda sesuai dengan imajinasi
|
|
|
Dapat bergerak mengikuti benda-benda di lingkungannya
|
·
Meniru gerakan binatang, dan benda-benda lainnya,
seperti: kapal terbang
·
Menciptakan gerakan binatang, tanaman dan
benda-benda sesuai dengan imajinasinya
|
|
|
Dapat bernyanyi beberapa lagu
|
·
Bersenandung/menyanyikan kata-kata pada lirik lagu yang
diulang,
·
Menyanyikan beberapa lagu
|
|
|
Dapat membuat irama secara sederhana
|
·
Bertepuk tangan
membentuk irama
·
Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
|
|
|
Dapat mengekspresikan suatu karya dengan jari
|
·
Menggambar bebas dengan berbagai media
misal: krayon, pensil warna, orang, dll.
·
Melukis
dengan jari
·
Melipat
kertas secara sederhana
·
Membuat
berbagai karya seni sederhana dari berbagai media misal: biji-bijian,
potongan kertas dll
·
Membuat
berbagai bentuk dari plastisin dengan menggunakan cetakan, digulung, dipotong
dll
|
USIA 4
– 5 TAHUN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu mengucapkan bacaan
doa/lagu-lagu keagamaan, menirukan gerakan beribadah, mengikuti aturan serta
mampu belajar berperilaku baik dan sopan bila diingatkan.
|
Dapat mengucapkan bacaan doa
Dapat menyanyikan lagu-lagu keagamaan
|
·
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan
kegiatan
·
Memimpin doa
·
Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang
sederhana
|
|
|
Dapat mengenal
bermacam-macam agama
|
·
Menyebutkan tempat-tempat ibadah
|
|
|
Dapat melaksanakan gerakan
ibadah secara sederhana
|
·
Melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana namun
masih perlu bimbingan
|
|
|
Dapat menyebutkan
hari-hari besar agama
|
·
Menyebutkan hari-hari besar agama
|
|
|
Dapat mengenal dan menyayangi
ciptaan Tuhan
|
·
Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan, misal: Manusia,
bumi, langit, tanaman, dan hewan.
·
Menyiram tanaman, memberi makan binatang
·
Mau menolong teman
·
Menghargai teman
·
Mau membagi miliknya, misal: makanan, mainan, dll.
·
Meminjamkan miliknya dengan senang hati
|
|
|
Memiliki rasa sopan santun dan saling menghormati sesama
|
·
Bersikap ramah
·
Meminta tolong dengan baik
·
Mengucapkan salam
·
Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
·
Berbahasa sopan dalam berbicara
·
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
·
Mau mengalah
·
Mendengarkan orang tua/teman berbicara
·
Tidak mengganggu teman
|
SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu beriteraksi,
mulai dapat mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa percaya diri,
serta mulai dapat menjaga diri sendiri
|
Dapat berinteraksi
dengan teman sebaya dan orang dewasa
|
·
Mulai mengajak teman untuk bermain
·
Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
·
Mau bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika
melakukan kegiatan
·
Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
·
Berbicara dengan teman sebaya tentang rencana dalam
bermain (Misal: Membuat aturan bermain)
·
Membuat keputusan ketika bermain dengan teman sebaya
(Misal: Memutuskan siapa yang memulai bermain)
·
Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
·
Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa
·
Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami
ketidaknyamanan dengan teman
·
Mau menyapa teman dan orang dewasa
|
|
|
Dapat menjaga keamanan
diri sendiri
|
·
Menghindari benda – benda berbahaya
|
|
|
Menunjukkan rasa percaya diri
|
·
Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya
|
|
|
Dapat menunjukkan kemandirian
|
·
Memasang kancing atau resleting sendiri
·
Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
·
Mampu makan sendiri
·
Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang
dekat dengan sekolah)
·
Mampu memilih benda untuk bermain
·
Mampu mandi, BAK dan BAB (toilet training) masih dengan bantuan
·
Mampu mengerjakan tugas sendiri
·
Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
·
Mengurus dirinya sendiri dengan bantuan, misalnya:
berpakaian
|
|
|
Mulai dapat menunjukkan
emosi yang wajar
|
·
Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
·
Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti
menangis pada waktunya
|
|
|
Mulai menunjukkan sikap
kedisiplinan
|
·
Melaksanakan tata tertib yang ada
·
Mengikuti aturan permainan
·
Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
·
Membuang sampah pada tempatnya
·
Sabar menunggu giliran
·
Berhenti bermain pada waktunya
|
|
|
Mulai dapat bertanggung jawab
|
·
Melaksanakan tugas yang diberikan
·
Menyelesaikan tugas yang diberikan
·
Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
·
Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
|
BAHASA
|
Anak dapat berkomunikasi secara
lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol
|
Dapat mendengarkan,
membedakan, dan mengucapkan bunyi/suara tertentu
|
·
Menyebutkan berbagai bunyi/ suara tertentu
·
Menirukan kembali 3 - 4 urutan kata
·
Menyebutkan kata-kata dengan suku kata awal yang sama,
misal kaki-kali atau suku kata akhir yang sama, misal nama-sama, dll.
·
Melakukan 2-3 perintah secara sederhana
·
Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita
secara sederhana
|
|
|
Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan
|
·
Menyebutkan nama diri, nama orang tua,
jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana
·
Menyenceritakan pengalaman/kejadian secara
sederhana
·
Menjawab pertanyaan tentang
keterangan/informasi secara sederhana
|
|
|
Dapat memperkaya kosa
kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
|
·
Menyebutkan bermacam-macam kata benda yang
ada dilingkungan sekitar
·
Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
|
|
|
Dapat menceritakan gambar (pra
membaca)
|
·
Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang
dibuat sendiri
·
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana
(3-4 gambar)
·
Menghubungkan gambar/benda dengan kata
|
|
|
Dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dan
tulisan (pramembaca)
|
·
Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
·
Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara
tulisan dan yang diungkapkan
|
|
|
Dapat mengenal
bentuk-bentuk simbol sederhana (pramenulis)
|
·
Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang
melambangkannya
|
KOGNITIF
|
Anak mampu mengenal dan
memahami berbagai konsep sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Dapat mengenal
klasifikasi sederhana
|
·
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang
diketahui anak. Misalnya: Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll
·
Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang
mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
|
|
|
Dapat mengenal
konsep-konsep Sains sederhana
|
·
Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna
dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian,
batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke
dalam air(terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi),
percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar mencoba dan
membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara
|
|
|
Dapat mengenal bilangan
|
·
Membilang/menyebut urutan bilangan minimal dari 1 sampai 10
·
Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep
bilangan dengan benda-benda sampai 5
·
Menunjukkan urutan benda untuk bilangan 1 sampai 5
·
Mengenal konsep banyak - sedikit, lebih – kurang, sama
– tidak sama
·
Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan
benda- benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis)
·
Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang
tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
·
Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan
benda)
·
Menyebutkan hasil pengurangan (memisahkan kumpulan
benda) dengan benda sampai 5
|
|
|
Dapat mengenal bentuk geometri
|
·
Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran,
segitiga, segiempat)
·
Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan
bentuk-bentuk geometri
|
|
|
Dapat memecahkan masalah sederhana
|
·
Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana
·
Menyusun kepingan puzzel menjadi bentuk utuh (4 – 6
keping)
·
Mencari lokasi tempat asal suara
·
Memasang benda sesuai dengan pasangannya
·
Menyebutkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya
·
Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh
dari buku
·
Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan
ingatannya
·
Membedakan konsep kasar – halus melalui panca indera
|
|
|
Dapat mengenal konsep ruang dan posisi
|
·
Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas –
bawah, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik –
turun, maju – mundur
|
|
|
Dapat mengenal ukuran
|
·
Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat melalui
mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang atau tali)
·
Membedakan konsep berat – ringan, gemuk-kurus melalui
menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera
·
Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah
dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
·
Membedakan konsep tebal – tipis
·
Membedakan konsep tinggi – rendah
·
Membedakan konsep besar – kecil
·
Membedakan konsep cepat – lambat
|
|
|
Dapat mengenal konsep
waktu
|
·
Membedakan waktu (pagi, siang, malam)
·
Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan dan
tahun
|
|
|
Dapat mengenal berbagai
pola
|
·
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk
2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,….
·
Meronce dengan merjan
|
|
|
Dapat konsep
pengetahuan sosial sederhana
|
·
Menceritakan letak
lokasi dari rumah ke sekolah
·
Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter,
polisi, dll.)
·
Mengenal berbagai macam alat angkutan sederhana
(Contoh: Mobil; motor, dll.)
|
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu melakukan gerakan
tubuh secara terkoordinasi,untuk
kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan
|
Dapat melakukan gerakan
di tempat (gerak dasar non lokomotor)
|
·
Memutar dan mengayunkan lengan
·
Meliukkan tubuh
·
Membungkukkan badan
·
Senam fatansi bentuk meniru (misal:
menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena
angin sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali dengan lincah
|
|
|
Dapat melakukan gerak berpindah tempat sederhana
(gerak dasar lokomotor)
|
·
Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara,
misalnya; berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian,
berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit (angkat tumit), berjalan
mundur
·
Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki
·
Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
·
Memanjat, bergelantung, dan berayun
·
Berdiri dengan tumit
·
Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
·
Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, ke depan
dan ke belakang)
·
Merayap dengan berbagai variasi
·
Merangkak dengan berbagai variasi
·
Menaiki benda beroda (Contoh: menaiki sepeda roda dua
dengan bantuan roda kecil dua)
|
|
|
Dapat melakukan gerakan jari tangan untuk
kelenturan otot (Motorik halus)
|
·
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin,
playdough/tanah liat
·
Meremas kertas/korang meremas parutan
kelapa dll.
·
Menjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar,
miring, lengkung, dan lingkaran
·
Meniru melipat kertas sedehana (1-4 lipatan)
·
Merekat/menempel
·
Menyusun berbagai bentuk dengan balok
·
Memegang pensil (belum sempurna)
·
Meronce dengan manik-manik
|
|
|
Dapat melakukan koordinasi mata-tangan
|
·
Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal
makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu,
mengikat tali sepatu, mengkancingkan baju, membuka risleting jaket, dll.
·
Menggunting sesuai bentuk melingkar, zigzag, dll.
·
Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
·
Melambungkan dan menangkap objek (bola besar)
·
Memantulkan bola besar pada posisi diam di tempat
·
Memantulkan objek (bola besar) sambil berjalan/bergerak
|
|
Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan
dirinya dengan bantuan
|
Dapat menunjukkan ciri-ciri sehat fisik
|
·
Melakukan berbagai gerakan koordinasi mata-tangan
·
Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti
melompat dan berlari.
·
Memiliki kemampuan mendengar
·
Membantu dirinya sendiri (makan, menyisir rambut,
memasang tali sepatu dengan sedikit bantuan).
·
Mau melakukan (mencuci rambu, membersihkan
telinga, dan memotong kuku secara teratur dengan bantuan
·
Melakukan BAB sendiri secara benar
|
SENI
|
Anak mampu mengekpresikan diri
dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan
eksplorasi
|
Dapat
menggambar sederhana
|
·
Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna,
krayon, arang dll)
·
Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat
·
Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana.
·
Mencap dengan berbagai media (pelepah
pisang, batang pepaya, karet busa, dll.)
·
Mencetak berbagai media (pasir, adonan
tepung dll.
|
|
|
Dapat mewarnai
sederhana
|
·
Mewarnai bentuk gambar sederhana
·
Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan
ukuran besar
|
|
|
Dapat menciptakan sesuatu
dengan berbagai media
|
·
Menyusun
bentuk-bentuk bangunan sederhana dari balok
·
Menyusun bentuk dari kepingan geometri yang sederhana
·
Merangkai bentuk dengan lidi
·
Membatik dan jumputan sederhana
·
Mencocok dengan pola buatan guru
·
Bermain warna dengan berbagai media. Misalnya : krayon,
cat air, dll.
·
Melukis dengan jari (finger painting)
·
Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
·
Membuat alat perkusi sederhana (misalnya membuat
krincingan dari tutup botol)
·
Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama
|
|
|
Dapat mengekspresikan diri
dalam bentuk gerak sederhana
|
·
Menggerakkan kepala, tangan atau kaki mengikuti irama
musik/ritmik
·
Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musik
|
|
|
Dapat
menyanyi dan memainkan alat musik sederhana
|
·
Menyanyikan lagu secara lengkap
·
Menyanyikan beberapa lagu anak-anak
·
Mencipta, mengarang syair lagu
·
Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
·
Mengucapkan syair dari berbagai lagu
|
USIA
5-6 TAHUN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu
melakukan ibadah dan perilaku keagamaan secara berurutan dan mulai belajar
membedakan perilaku baik dan buruk
|
Dapat
melaksanakan ibadah, bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan
|
•
Mengenal tempat-tempat ibadah
•
Mengenal hari-hari besar agama
•
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan
kegiatan secara berurutan
•
Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal
•
Menyanyi
lagu-lagu keagamaan
•
Bersyair
yang bernafaskan agama
•
Mulai
terlibat dalam acara keagamaan
•
Menyimak beberapa cerita bernuansa
keagamaan
•
Melaksanakan gerakan beribadah secara
berurutan namun belum secara rutin
|
|
|
Dapat menyayangi ciptaan Tuhan
|
•
Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan
•
Berbuat baik terhadap sesama teman. Misal: Tidak
menggangu orang yang sedang melakukan kegiatan
•
Menyiram/merawat
tanaman
•
Memberi makan binatang
•
Suka menolong teman dan orang dewasa
•
Menyayangi
sahabat
•
Menyayangi yang
lebih muda
•
Mau berbagi dengan orang lain
|
|
|
Terbiasa berperilaku
sopan santun dan saling menghormati sesama
|
•
Bersikap ramah
•
Meminta tolong dengan baik
•
Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
•
Berbahasa sopan dalam berbicara (tidak berteriak)
•
Mau mengalah
•
Mendengarkan orang tua/teman berbicara
•
Tidak mengganggu teman
•
Memberi dan membalas salam
•
Menutup mulut dan hidung bila bersin/batuk
•
Menghormati
yang lebih tua
•
Menghargai
teman/orang lain
•
Mendengarkan
dan memperhatikan teman bicara
•
Mengucap salam.
•
Menyayangi yang
lebih muda dan menghormati yang lebih tua
|
|
|
Dapat membedakan perbuatan yang benar dan salah
|
•
Membedakan perbuatan yang benar dan salah
•
Menyebutkan perbuatan salah dan benar
|
SOSIAL,
EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu beriteraksi,
dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya,menunjukan percaya
diri, dan dapat menjaga diri sendiri
|
Dapat berinteraksi
dengan teman sebaya dan orang dewasa
|
•
Bersedia bermain dengan teman sebaya tanpa membedakan
(warna kulit, keturunan, rambut, agama, dll.)
•
Mau memuji teman/orang lain
•
Mengajak teman
untuk bermain/belajar
•
Bermain bersama (permainan halma, ular tangga, dll.)
•
Berkomunikasi dengan orang dewasa ketika melakukan
sesuatu (membuat kue, memasak, dll.)
•
Berkomunikasi dengan temannya ketika mengalami musibah
(Misal: Sakit, sedih, dll.)
|
|
|
Dapat menunjukan rasa percaya diri
|
•
Berani bertanya
dan menjawab
•
Mau
mengemukakan pendapat secara sederhana
•
Mengambil
keputusan secara sederhana
•
Bermain pura-pura tentang profesi
•
Bekerja secara
mandiri
•
Berani
bercerita secara sederhana
|
|
|
Dapat menunjukkan sikap kemandirian
|
•
Memasang kancing atau resleting sendiri.
•
Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
•
Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang
dekat dengan sekolah)
•
Mampu mandi sendiri, BAK dan BAB (toilet training)
•
Mengerjakan tugas sendiri
•
Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
•
Mengurus dirinya sendiri tanpa
bantuan (misalnya: berpakaian, menggosok gigi, makan)
|
|
|
Dapat menunjukkan emosi yang wajar
|
•
Mau berpisah dengan ibu
•
Menerima kritikan dan saran
•
Mau memberi dan
meminta maaf
•
Membantu
memecahkan perselisihan/masalah
•
Mengekpresikan
perasaannya (Misal: Marah, sedih, gembira, kaget, dll.)
|
|
|
Terbiasa menunjukkan sikap kedisplinan dan
mentaati peraturan
|
•
Membuang sampah
pada tempatnya
•
Merapikan mainan setelah digunakan
•
Mentaati peraturan yang berlaku
•
Berangkat ke sekolah tepat waktu
|
|
|
Dapat bertanggung jawab
|
•
Melaksanakan tugas yang diberikan guru.
•
Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
•
Melaksanakan
kegiatan sendiri sampai selesai
•
Bertanggung
jawab terhadap tugas yang diberkan
•
Memelihara milik sendiri
•
Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
Terbiasa menjaga lingkungan
|
•
Memelihara lingkungan. Misalnya: tidak mencorat coret
tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll.
•
Menghemat
pemakaian air dan listrik
•
Membersihkan peralatan makanan setelah digunakan
|
BAHASA
|
Anak dapat
berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal
simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis, dan berhitung
|
Dapat mendengar dan membedakan
bunyi suara,
kata dan kalimat sederhana
|
·
Membedakan kembali bunyi/suara tertentu
·
Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang
sama (misal:
kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama (misal: nama-sama dll).
·
Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara
runtut.
·
Melakukan 3 - 5 perintah secara berurutan dengan benar
·
Menunjukkan
beberapa gambar yang diminta
·
Menirukan
kembali bunyi/suara tertentu
·
Menirukan
kembali 4-5 urutan kata
|
|
|
Dapat berkomunikasi/ berbicara lancar dengan
lafal yang benar
|
·
Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, tanggal dan bulan
kelahirannya, alamat rumah dengan lengkap
·
Berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya
sendiri (sesuai usia anak)
·
Menceritakan pengalaman/ kejadian secara sederhana
dengan runtut
·
Menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan
tersebut
·
Menjawab
pertanyaan sederhana
·
Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang
kompleks terdiri atas 5 – 6 kata
·
Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia,
mereka.
·
Menyebutkan nama
benda yang diperlihatkan
·
Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang
dewasa
·
Menyebutkan gerakan-gerakan. Misanya : jongkok, duduk,
berlari, makan dll.
·
Memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/
keterangan tempat. Misalnya : di luar, di dalam, di atas, di bawah, di muka, di depan, di
belakang, di kiri, di kanan dsb.
|
|
|
Dapat memahami bahwa ada hubungan
antara lisan dengan tulisan (pra membaca)
|
·
Menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan
·
Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan
beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata
·
Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat
sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
·
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 - 6
gambar)
·
Membaca buku cerita bergambar dan menceritakannya
|
|
|
Dapat memahami bahwa ada hubungan
antara gambar dengan tulisan (pramenulis)
|
·
Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan
simbol yang melambangkannya
·
Membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan dan benda yang dikenal atau dilihatnya
·
Membuat coretan/tulisan yang berbentuk huruf/kata
berdasarkan gambar yang dibuatnya
·
Mulai menunjukkan ketetarikan dengan buku/
media cetak
|
KOGNITIF
|
Anak mampu mengenaldan
memahami berbagai konsep sederhana dan
dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Dapat mengenal
klasifikasi sederhana
|
•
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang
diketahui anak. Misalnya; Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
•
Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang
mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
|
|
|
Dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana
|
•
Menceritakan hasil percobaan sederhana tentang: warna
dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan, daun dll.)
•
Apa yang terjadi jika balon ditiup lalu dilepaskan
•
Benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung,
melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi)
•
Percobaan dengan magnit mengamati dengan
kaca pembesar
•
Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan
suara berdasarkan percobaan
|
|
|
Dapat mengenal bilangan dan
memahami konsep-konsep matematika sederhana
|
•
Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
•
Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep
bilangan dengan benda-benda sampai 10
•
Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 10
•
Membedakan konsep banyak - sedikit, lebih –
kurang, sama – tidak sama
•
Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan
benda- benda sampai 10 ( anak tidak disuruh menulis)
•
Menunjukkan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak
dan lebih sedikit dari 2 kumpulan benda
•
Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan
benda) dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 10
•
Menyebutkan waktu/jam
|
|
|
Dapat mengenal bentuk geometri
|
•
Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri
(lingkaran, segitiga, segiempat, dll)
•
Membedakan benda-benda yang berbentuk
geometri
•
Membedakan ciri-ciri bentuk geometri
•
Menyebutkan benda-benda yang berbentuk
geometri
|
|
|
Dapat memecahkan masalah sederhana
|
·
Mengerjakan maze (mencari jejak) yang
sederhana (tiga empat jalan)
·
Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk
utuh (7 – 10 keping)
·
Mencari lokasi tempat asal suara
·
Memasang benda sesuai dengan pasangannya
·
Menunjukkan sedikitnya 12 benda berikut
fungsinya
·
Menceritakan tentang sesuatu yang diperoleh
dari buku
·
Menceritakan kembali sesuatu berdasarkan
ingatannya
•
Membedakan konsep kasar – halus melalui
panca indera
|
|
|
Dapat mengenal konsep ruang dan posisi
|
•
Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas –
bawah, kiri -kanan, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar –
masuk, naik – turun, maju – mundur
|
|
|
Dapat mengenal
ukuran
|
·
Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat,
lebar/luas - sempit melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah,
jengkal, benang, tali,
lidi dll)
·
Membedakan konsep berat – ringan, gemuk - kurus melalui
menimbang benda dengan timbangan/timbangan buatan
dan panca indera
·
Membedakan konsep penuh-kosong melalui
mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
•
Membedakan konsep tebal-tipis, tinggi –
rendah, besar-kecil, cepat lambat dsb.
|
|
|
Dapat mengenal konsep waktu
|
•
Membedakan waktu (pagi, siang, malam)
•
Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, satu bulan dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun
•
Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan
waktunya misal: waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah dll
|
|
|
Dapat mengenal berbagai
pola
|
·
Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang,
besok, kemarin)
•
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk
3-4 pola yang berurutan. Misalnya merah – putih - biru, merah – putih - biru,
merah,….
|
|
|
Dapat mengenal konsep pengetahuan sosial sederhana
|
·
Menceritakan letak
lokasi dari rumah ke sekolah
atau ke tempat-tempat yang dikenalnya
·
Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter,
polisi, pilot, dll.)
·
Mengenal berbagai macam alat
transportasi/angkutan sederhana di darat, laut, dan udara (Contoh: Mobil;
kapal laut, pesawat terbang, dll.)
•
Memerankan berbagai macam profesi (Contoh:
sebagai dokter, polisi, guru, dll.) (bermain peran)
|
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu melakukan
gerakan tubuh fisik secara terkoordinasi, untuk kelunturan sebagai
keseimbangan dan kelincahan
|
Dapat melakukan gerakan
di tempat (motorik kasar)
|
•
Memutar dan
mengayunkan lengan
•
Meliukkan tubuh
•
Membungkukkan
badan
• Senam fantasi bentuk
meniru. Misal: Menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman,
yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang dan kencang sekali) dengan
lincah
|
|
|
Dapat melakukan gerak berpindah tempat sederhana
(motorik kasar)
|
• Berjalan ke berbagai
arah dengan berbagai cara, misalnya: berjalan maju di atas garis lurus,
berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke
depan jinjit, berjalan mundur.
• Melompat ke berbagai
arah dengan satu atau dua kaki
•
Meloncat dari
ketinggian 30 - 40 cm
•
Memanjat,
bergelantung, dan berayun
• Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
• Berlari sambil melompat
dengan seimbang tanpa jatuh
• Merayap dan merangkak
dengan berbagai variasi
•
Naik sepeda roda dua, naik otopet
|
|
|
Dapat
melakukan koordinasi mata-tangan (Motorik halus)
|
• Mengurus dirinya
sendiri tanpa bantuan, misalnya;
makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci tangan dan melap
tangan, mengikat tali sepatu
• Memegang pensil dengan
benar (antara ibu jari dan 2 jari)
• Membuat berbagai bentuk
dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat, pasir dll.
• Meniru
membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
• Meniru
melipat kertas sederhana (5-6 lipatan)
• Menjahit
bervariasi (jelujur dan silang) dengan tali rafia, benang wol, tali sepatu
dll
• Menggunting dengan
berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, segitiga)
•
Mencocok bentuk
• Menyusun berbagai
bentuk dari balok-balok
• Membuat lingkaran dan
persegi dengan rapi
• Meronce dengan
manik-manik sesuai pola
• Meronce dengan berbagai
media. Misal: (bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll)
|
|
|
Dapat melakukan gerakan tangan untuk kelenturan
otot
(motorik kasar)
|
• Melambungkan berbagai
objek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan
• Menangkap objek sesuai bentuk dan ukuran dengan satu atau
dua tangan
• Melemparkan objek ke
berbagai arah dengan tangan kiri atau kanan
• Menggulirkan bola
menyusuri tanah/lantai dengan satu atau dua tangan
• Melemparkan
objek ke sasaran dengan satu atau dua tangan
• Bermain
dengan simpai (di gelindingkan sambil berjalan, berlari dsb)
|
|
Anak mampu
melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya tanpa bantuan
|
Dapat
melakukan kegiatan untuk kesehatan fisik dan kebersihan diri
|
·
Melakukan banyak gerakan koordinasi
mata-tangan
·
Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar
seperti melompat dan berlari dengan berbagai variasi
·
Memiliki kemampuan mendengar yang baik
·
Membantu dirinya sendiri (makan sendiri,
menyisir rambut, memasang tali sepatu, dll. tanpa bantuan)
•
Melakukan BAB sendiri secara benar
•
Membersihkan telinga, mencuci rambut,
memotong kuku dengan bantuan orang lain
|
SENI
|
Anank mampu
mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan
menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya seni
|
Dapat menggambar sederhana
|
• Menggambar bebas dengan
berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam)
dengan rapi
• Menggambar bebas dari
bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat, dll
• Menggambar orang dengan
lengkap dan proposional
• Mencap dengan berbagai media (jari/finger painting,
kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi
|
|
|
Dapat mewarnai
sederhana
|
• Mewarnai
bentuk gambar sederhana dengan rapi
|
|
|
Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
|
• Menciptakan
bentuk bangunan dari balok yang lebih kompleks
• Menciptakan
bentuk dari kepingan gometri yang` lebih kompleks
• Menciptakan
bentuk dengan lidi, tusuk gigi, sedotan dll
•
Menganyam dengan berbagai media. Misal:
kain perca, daun, sedotan, kertas dll.
•
Membatik
dan jumputan
•
Membuat
gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media, (kertas, ampas
kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan, dll.)
•
Membuat gambar dengan teknik mozaik dengan
memakai berbagai bentuk/ bahan( segi empat, segitiga, lingkaran dll)
•
Mencocok dengan pola buatan guru atau
ciptaan anak sendiri
•
Bermain warna dengan berbagai media. Misal
: Krayon, cat air, benang, kelereng dll
•
Melukis dengan jari (finger painting)
•
Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu
ayam, daun-daunan dll)
•
Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat
(misal: gitar, tamburing, dll)
•
Membuat berbagai bentuk dari kertas,
daun-daunan dll
•
Mencipta alat perkusi sederhana dan
mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
•
Bertepuk
tangan dengan 3 pola
•
Bertepuk
tangan membentuk irama
•
Menciptakan
sesuatu dari bahan bekas (misal: membuat mobil-mobilan dari kardus bekas dll)
|
|
|
Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
|
•
Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau
kakisesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur
•
Bergerak bebas
dengan irama musik
•
Menari menurut irama/musik yang didengar
•
Menyanyi sambil berekspresi sesuai lagu
anak
• Mengekspresikan
diri dalam gerak bervariasi
|
|
|
Dapat menyayi dan memainkan alat musik sederhana
|
•
Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak
•
Menyanyi lagu anak sambil bermain musik
|
|
|
Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya
|
•
Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misal : perubahan
intonasi, perubahan gerak dan penghayatan
•
Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu dan
cerita
• Mengucapkan syair sajak sambil diiringi senandung lagunya
|
|
|
Dapat melakukan gerakan pantomim
|
·
Menceritakan gerak pantomin ke dalam bahasa lisan
|
BOLA mata Ngadiyem berkaca-kaca. Sesekali, wanita 58 tahun itu mengehela napas panjang. Dia masih kaget ketika belasan mahasiswi seumuran anak ketiganya, bergantian mencium tangannya.
Sembari menebar senyum, Ngadiyem kembali menuju losnya. Pedagang yang sudah 28 tahun berjualan itu, mengaku tidak menyangka dengan kejutan mahasiswi dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu.
Para mahasiswa itu melakukan aksi cium tangan, memberikan bunga mawar, dan meminta motivasi guna memperingati Hari Ibu 22 Desember di Pasar Gede, Jumat (21/12).
”Seumur-umur baru kali ini dapat kejutan. Saya sangat terharu,” aku Ngadiyem.
Tatapannya masih tampak melayang. Bersandar di losnya yang penuh dagangan aneka buah-buahan itu, Ngadiyem bercerita, belasan mahasiswi yang datang di Pasar Gede, membuat dirinya begitu bangga menjadi seorang ibu dari anak-anaknya. Bahkan, dia mengaku tak mengetahui tanggal peringatan Hari Ibu 22 Desember tersebut.
”Hati saya tadi gemetar dipeluk begitu hangat sama mereka. Saya kira ada apa. Ternyata Hari Ibu. Mereka seumuran anak saya yang ketiga,” harap dia.
Beri Motivasi
Begitu juga dengan Sumarni. Rona kebahagiaan begitu terpancar dari wajahnya tuanya.
Pedagang buah berusia 67 tahun itu mengaku tampak begitu senang. Karena para mahasiswi yang kelak akan menjadi seorang ibu, tiba-tiba memeluk dirinya.
”Saya kaget juga. Mereka juga meminta ikut memberikan motivasi di kain putih. Saya tulis sebisanya. Saya mengharap anak-anak menyayangi ibunya dan buat ibu di rumah bangga,” katanya.
Di sela-sela acara, koordinator aksi yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa UNS, Ririn Listyawati mengungkapkan, kegiatan tersebut dibuat sebagai bentuk perhatian pada ibu.
Untuk menunjukkan rasa kasih sayang, para mahasiswi juga membawa berbagai ungkapan hati yang dituangkan dalam poster. Seperti ”Kasih Ibu Sepanjang Masa”, ”Wanita Paling Hebat Adalah Ibu” dan ”Ibuku Pahlawanku”.
”Dengan perhatian anak-anaknya, ibu sangat senang. Paling tidak ciuman tangan saat kita akan pergi dan pelukan hangat. Kita ingin mengkampanyekan itu,” jelasnya. (Asep Abdullah-26)
(/)
Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/22/209434/Tangan-Dicium-Bakul-Pasar-Gede-Terharu
0 komentar:
Posting Komentar