RENCANA KEGIATAN HARIAN
(RKH)
(RKH)
Tema :
Diri Sendiri
Subtema : Anggota Tubuh
Kelompok/ Semester :
B/ II
Disusun oleh :
Ririn Listyawati k8110045
PG-PAUD/ VI B
PENDIDIKAN
GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok : B
Hari / Tanggal : Senin / 4 Juni 2012
Semester / Minggu : 2 (dua) / 4 (empat)
Tema / Sub Tema : Alam Semesta / Benda yang ada di langit
Bidang Pengembangan : Pembiasaan, Moral, Sosial
emosional, Bahasa, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
MEDIA
/ ALAT / SUMBER BELAJAR/ METODE
|
PENILAIAN
|
PENDIDIKAN
KARAKTER BANGSA
|
|
Alat
|
Hasil
|
||||||
Pembiasaan
(moral, sosio emosional)
¨
Anak
terampil melakukan ibadah (mengucapkan bacaan doa), terbiasa mengikuti aturan
dan terbiasa
berperilaku terpuji
¨
Anak
dapat bernyanyi
¨
Anak
dapat menambah kosa kata
¨
Anak
mampu melakukan aktivitas fisik secara terkeordinasi dalam rangka mengembangkan
kemampuan motorik halusnya.
¨
Anak
mampu memahami/ menjelaskan konsep sederhana bilangan dan anggoota tubuh.
¨
Anak
dapat berkomunikasi / berbicara secara lisan
¨
Anak
dapat mengendalikan emosi dan mentaati aturan
¨
Anak
dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan
¨
Anak
dapat merapikan alat – alat yang sudah digunakan
¨
Anak
dapat merapikan alat – alat yang sudah digunakan
¨
Mampu
mendengarkan, berkomunikasi secara lisan dan memiliki perbendaharaan kata
¨
Anak
dapat menyanyi
¨
Anak
dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan
¨
Anak
dapat mengucap dan membalas salam
|
¨
Sabar
menunggu giliran
¨
Berdoa
sebelum melaksanakan kegiatan
Bahasa
:
¨
Menyanyikan
lagu bersama
¨
Menyebutkan
bermacam-macam anggota
tubuh
Fisik Motorik
:
¨
Membuat dan mengembangkan bentuk boneka dari bentuk
awal lingkaran. (Motorik halus)
Kognitif :
¨
Mengerjakan
tugas menyebutkan jumlah setiap anggota tubuh yang disebutkan.
Bahasa :
¨
Menyebutkan
nama anggota tubuh
yang diperlihatkan
¨
Berani
bertanya dan menjawab
¨
Sabar
menunggu giliran (SOSEM : 21)
¨
Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM : 6)
¨
Mengembalikan
alat pada tempatnya (SOSEM : 20)
¨
Mengajak
teman bermain (SOSEM : 7)
¨
Berkomunikasi
secara lisan dengan bahasanya sendiri (sesuai anak)
¨
Menyanyikan
lagu bersama
¨
Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan
¨
Selalu
memberi dan membalas salam
|
I. PRA.
KEGIATAN
¨
Berbaris,
masuk kelas
¨
Salam,
berdo’a
II. KEGIATAN AWAL
Apersepsi :
¨
Menyanyikan
lagu “Bintang kecil dan pelangi - pekangi”
¨
Menyebutkan
nama – nama anggota tubuh dan fungsinya.
Orientasi :
¨
Guru
menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang di sampaikan agar anak lebih mudah
memahami pelajaran.
Motivasi :
¨
Guru
memberikan dorongan agar anak betul-betul memperhatikan guru saat
mengajar.
III.
KEGIATAN INTI
·
Menggambar bentuk boneka boneka dari lingkaran.
¨ Menyebutkan
jumlah anggota tubuh yang disebutkan.
·
Menyebutkan
nama dan lafal anggota tuuh yang di sebutkan.
IV.
ISTIRAHAT
¨
Mencuci
tangan
¨
Berdo’a
¨
Makan
mbersama, merapikanm tempat makan.
¨
Bermain
bebas
V. KEGIATAN
AKHIR
¨
Review
¨
Menyanyikan
lagu “ Gelang Sipaku Gelang”
¨
Berdo’a
¨
Mengucapkan
salam
¨
Pulang
|
±
15 Menit
±
30 Menit
±
60 Menit
|
¨
Metode : Observasi
¨
Bernyanyi
¨
Tanya
Jawab
-
Penugasan
-
Pemberian tugas
LKA
-
Praktek
langsung, sabun, lap tangan
-
Praktek
langsung, anak dan guru
-
Bekal
yang disediakan anak
-
Alat
permainan
-
Bercakap-cakap
( guru dan anak )
-
Bernyanyi
bersama
-
Praktek
langsung
-
Praktek
langsung
|
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
Hasil Karya
Hasil karya
Unjuk Kerja
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
Observasi
|
|
Mandiri
Religius
Disiplin
Kreatif
Disiplin
Tanggung jawab
Tanggung Jawab
Disiplin
Religius
Mandiri
Mandiri
Mandiri
Komunikatif
Kreativitas
Religius
Religius
|
Surakarta,
4 Juni 2012
Kepala Sekolah
Guru Kelas B
Tri
Wahyuningsih, M. Pd. Ririn Listyawati
BAHAN
AJAR
Tema :
Diri Sendiri
Subtema :Anggota Tubuh
Hari/tanggal :
Senin, 4 Juni 2012
Kelompok/semester :
B / II
Bidang pengembangan :
Pembiasaan,Bahasa, nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial
emosional
I.
PEMBIASAAN (PRA KEGIATAN)
-
Anak dapat berbaris
didepan kelas sambil mencium
tangan gurunya secara bergantian.
-
Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-
Mengucapkan doa
sebelum melakukan kegiatan
Guru dan anak : “ Bismillah hirohman hirohim... Robbi
zidnii’ilmaa war zuqnii fahmaa... Amin”
II.
KEGIATAN AWAL
-
Anak-anak
melakukan percakapan dengan guru dan guru menyuruh anak untuk menyebutkan
binatang peliharaan anak (Apersepsi).
-
Guru
menjelaskan kepada peserta didik tentang karakteristik binatnag yang bisa
terbang agar anak mengerti dan memahaminya. (Orientasi)
-
Guru
memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar menyayangi binatang peliharaan
sebagai makhluk ciptaan Tuhan (Motivasi)
III.
KEGIATAN INTI
-
Guru
bersama peserta didik menyanyikan lagu “Dua mata saya”
-
Guru
memberikan lembar kerja anak menggambar
bentuk boneka dari bentuk dasar lingkaran.
-
Guru
memberikan lembar kerja untuk menghitung
jumlah anggota badan yang ada pada lembar kerja
IV.
ISTIRAHAT
-
Anak – anak istirahat
mencuci tangan dan mengucapkan doa makan secara bersama – sama
Allahuma Bariklana
Fimma Rozaktana
Wakina Adzabannar
Amin
-
Lalu anak diajarkan
makan bekal bersama – sama sampai selesai kemudian anak diajak bermain bebas
bersama – sama sesuai kesenangan anak –
anak.
V.
KEGIATAN AKHIR
-
Review
(guru mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan seperti (bagian – bagian anggota tubuh, menggambar dan mewarnai
boneka, serta menyebutkan jumlah anggota badan pada lembar kerja)
-
Guru mengajak anak untuk berdiskusi tentang kegiatan hari ini dan besok.
VI.
PEMBIASAAN (PASCA KEGIATAN)
-
Mengucapkan doa akan pulang
Berdoa pulang:
“ Bismilah hiroh man hirohim... Allohumma inniii astaudi’uka
maa ‘allamtaniihifardudhu ilyya ‘inda haajatii ilaihi walaa tasaniihiyaa robbal
‘aalamiin”
-
Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-
Setelah
itu anak baris satu-persatu ke depan mencium tangan gurunya dan pulang.
TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Bidang
Pengembangan Pembiasaan Moral dan Nilai-nilai Agama:
- Anak mampu berbaris masuk kelas secara sopan, mengucap doa, dan
mengucap salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan.
B. Sosial
Emosional:
- Anak mampu berinteraksi dan mulai mematuhi aturan,
dapat mengendalikan emosinya, menunjukkan rasa percaya diri, dapat menjaga diri
sendiri
C. Bidang Pengembangan Kemampuan dasar Bahasa:
- Anak
dapat berkomunikasi secara lisan
dan memiliki perbendaharaan kata yang banyak
- Dapat berkomunikasi/berbicara lantar dengan lafal
yang benar
D. Kognitif:
- Anak mampu mengenal
dan memahami berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
- Anak dapat mengenal klasifikasi sederhana dar binatang
E.
Fisik Motorik:
-
Anak mampu melakukan
gerakan , secara terkoordinasi, untuk kelenturan sebagai pengembangak otot-otot
tangannya.
Indikator: Menjumlah bagian anggota tubuh yang ada dibawah ini
|
Tema : Diri Sendiri
Subtema: Anggota tubuh
|
=
M A T A
=
M U L U T
=
T E L I N G A
=
H I D U N G
Nama
|
Paraf
|
nilai
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar