Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 11 Juli 2013

Kreatifitas anak usia dini

RENCANA KEGIATAN HARIAN
(RKH)
Tema                            : Diri Sendiri
Subtema                       : Anggota Tubuh
Kelompok/ Semester    : B/ II










Disusun oleh :
Ririn Listyawati k8110045
PG-PAUD/ VI B



PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok : B
Hari / Tanggal : Senin / 4 Juni 2012
Semester / Minggu : 2 (dua) / 4 (empat)
Tema / Sub Tema : Alam Semesta / Benda yang ada di langit
Bidang Pengembangan : Pembiasaan, Moral, Sosial emosional, Bahasa, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
MEDIA / ALAT / SUMBER BELAJAR/ METODE
PENILAIAN
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Alat
Hasil

Pembiasaan (moral, sosio emosional)
¨       Anak terampil melakukan ibadah (mengucapkan bacaan doa), terbiasa mengikuti aturan dan terbiasa berperilaku terpuji
 



¨       Anak dapat bernyanyi




¨       Anak dapat menambah kosa kata































¨       Anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkeordinasi dalam rangka mengembangkan kemampuan motorik halusnya.

¨       Anak mampu memahami/ menjelaskan konsep sederhana bilangan dan anggoota tubuh.




¨       Anak dapat berkomunikasi / berbicara secara lisan








¨       Anak dapat mengendalikan emosi dan mentaati aturan

¨       Anak dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan

¨       Anak dapat merapikan alat – alat yang sudah digunakan





¨       Anak dapat merapikan alat – alat yang sudah digunakan





¨       Mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan dan memiliki perbendaharaan kata

¨       Anak dapat menyanyi



¨       Anak dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan

¨       Anak dapat mengucap dan membalas salam






¨       Sabar menunggu giliran


¨       Berdoa sebelum melaksanakan kegiatan 




Bahasa :
¨       Menyanyikan lagu bersama


¨       Menyebutkan bermacam-macam  anggota tubuh


























Fisik Motorik :
¨       Membuat dan mengembangkan bentuk boneka dari bentuk awal lingkaran. (Motorik halus)



Kognitif :
¨       Mengerjakan tugas menyebutkan jumlah setiap anggota tubuh yang disebutkan.

Bahasa :
¨       Menyebutkan nama anggota tubuh yang diperlihatkan
¨       Berani bertanya dan menjawab



¨       Sabar menunggu giliran (SOSEM : 21)

¨       Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM : 6)

¨       Mengembalikan alat pada tempatnya (SOSEM : 20)

¨       Mengajak teman bermain (SOSEM : 7)





¨       Berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri (sesuai anak)

¨       Menyanyikan lagu bersama


¨       Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

¨       Selalu memberi dan membalas salam
I.     PRA. KEGIATAN



¨ Berbaris, masuk kelas



¨ Salam, berdo’a







II.      KEGIATAN AWAL

Apersepsi :
¨       Menyanyikan lagu “Bintang kecil dan pelangi - pekangi
¨       Menyebutkan nama – nama anggota tubuh dan fungsinya.


Orientasi :
¨       Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang di sampaikan agar anak lebih mudah memahami pelajaran.

Motivasi :
¨       Guru memberikan dorongan agar anak betul-betul memperhatikan guru saat
mengajar.


III.         KEGIATAN INTI




·      Menggambar bentuk boneka boneka dari lingkaran.













¨  Menyebutkan jumlah anggota tubuh yang disebutkan.









·         Menyebutkan nama dan lafal anggota tuuh yang di sebutkan.







IV.         ISTIRAHAT

¨       Mencuci tangan





¨       Berdo’a









¨       Makan mbersama, merapikanm tempat  makan.



¨       Bermain bebas








V.  KEGIATAN AKHIR

¨       Review








¨       Menyanyikan lagu “ Gelang Sipaku Gelang”

¨       Berdo’a




¨       Mengucapkan salam





¨       Pulang
± 15 Menit
















± 30 Menit

































± 60 Menit





¨       Metode : Observasi















¨       Bernyanyi




¨       Tanya Jawab




























-          Penugasan














-          Pemberian tugas











LKA












-        Praktek langsung, sabun, lap tangan


-        Praktek langsung, anak dan guru





-        Bekal yang disediakan anak



-        Alat permainan









-        Bercakap-cakap ( guru dan anak )





-        Bernyanyi bersama



-        Praktek langsung




-        Praktek langsung











Observasi





Observasi











Observasi





Observasi

































Hasil Karya













Hasil karya 











Unjuk Kerja











Observasi




Observasi




Observasi





Observasi

















Observasi








Observasi




Observasi






Observasi






Mandiri




Religius











Disiplin




Kreatif











Disiplin



















Tanggung jawab












Tanggung Jawab






















Disiplin



Religius




Mandiri





Mandiri






Mandiri










Komunikatif







Kreativitas




Religius





Religius








Surakarta, 4 Juni 2012
Kepala Sekolah                                                                                                                                                           Guru Kelas B



       Tri Wahyuningsih, M. Pd.                                                                                                                                Ririn Listyawati

BAHAN AJAR

Tema                                               : Diri Sendiri
Subtema                                          :Anggota Tubuh
Hari/tanggal                                    : Senin, 4 Juni 2012
Kelompok/semester                        : B / II
Bidang pengembangan                  : Pembiasaan,Bahasa, nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional


I.                   PEMBIASAAN (PRA KEGIATAN)
-          Anak dapat berbaris didepan kelas sambil mencium tangan gurunya secara bergantian.
-          Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-          Mengucapkan doa sebelum melakukan kegiatan
Guru dan anak : “ Bismillah hirohman hirohim... Robbi zidnii’ilmaa war zuqnii fahmaa... Amin”

II.                KEGIATAN AWAL
-          Anak-anak melakukan percakapan dengan guru dan guru menyuruh anak untuk menyebutkan binatang peliharaan anak (Apersepsi).
-          Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang karakteristik binatnag yang bisa terbang agar anak mengerti dan memahaminya. (Orientasi)
-          Guru memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar menyayangi binatang peliharaan sebagai makhluk ciptaan Tuhan (Motivasi)







III.             KEGIATAN INTI
-          Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu “Dua mata saya
-          Guru memberikan lembar kerja anak menggambar bentuk boneka dari bentuk dasar lingkaran.
-          Guru memberikan lembar kerja untuk menghitung jumlah anggota badan yang ada pada lembar kerja
IV.             ISTIRAHAT
-          Anak – anak istirahat mencuci tangan dan mengucapkan doa makan secara bersama – sama
Allahuma Bariklana
Fimma Rozaktana
Wakina Adzabannar
Amin
-          Lalu anak diajarkan makan bekal bersama – sama sampai selesai kemudian anak diajak bermain bebas bersama – sama sesuai  kesenangan anak – anak.

V.                KEGIATAN AKHIR
-          Review (guru mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan seperti (bagian – bagian anggota tubuh, menggambar dan mewarnai boneka, serta menyebutkan jumlah anggota badan pada lembar kerja)
-          Guru mengajak anak untuk berdiskusi  tentang kegiatan hari ini dan besok.

VI.             PEMBIASAAN (PASCA KEGIATAN)
-          Mengucapkan doa akan pulang
Berdoa pulang:
          “ Bismilah hiroh man hirohim... Allohumma inniii astaudi’uka maa ‘allamtaniihifardudhu ilyya ‘inda haajatii ilaihi walaa tasaniihiyaa robbal ‘aalamiin”
-          Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-          Setelah itu anak baris satu-persatu ke depan mencium tangan gurunya dan pulang.




TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Bidang Pengembangan Pembiasaan Moral dan Nilai-nilai Agama:
- Anak mampu berbaris masuk kelas secara sopan, mengucap doa, dan mengucap salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan.
B. Sosial Emosional:
- Anak mampu berinteraksi dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya, menunjukkan rasa percaya diri, dapat menjaga diri sendiri
C. Bidang Pengembangan Kemampuan dasar Bahasa:
- Anak dapat  berkomunikasi secara lisan dan  memiliki perbendaharaan kata yang banyak
- Dapat berkomunikasi/berbicara lantar dengan lafal yang benar
D. Kognitif:
- Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Anak dapat mengenal klasifikasi sederhana dar binatang
E.     Fisik Motorik:
-          Anak mampu melakukan gerakan , secara terkoordinasi, untuk kelenturan sebagai pengembangak otot-otot tangannya.

Indikator: Menjumlah bagian anggota tubuh yang ada dibawah ini
Tema : Diri Sendiri
Subtema: Anggota tubuh
                            =
M A T A
                                       =
M U L U T

                           =
T E L I N G A
    
                                                   =
H I D U N G
Nama
Paraf
nilai







separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers