MAKALAH
Micro
Teaching
Proses
Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran di Kelas
Kelompok
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
PENDIDIKAN
GURU – PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini tanpa ada halangan yang cukup berarti. Makalah ini
disusun guna memenuhi tugas mata kuliah ......................Fakultas Keguruan
Dan ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Penulis tidak akan berhasil
menyelesaikan makalah ini tanpa ada bimbingan dan bantuan dari semua pihak.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih
kepada :
1. Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan,
sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
2. , selaku
dosen pengampu mata kuliah
3. Ayah dan Ibu tercinta yang selalu memberikan
motivasi.
4. Rekan-rekan yang telah memberikan dukungan dalam
pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan
makalah ini masih terdapat kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan
pengetahuan yang ada pada diri penulis. Oleh karena itu,penulis sangat
mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan tugas ini. Akhirnya,
penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna bagi penulis pada khususnya,
dan pembaca pada umumnya.
Surakarta, 18
September 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman judul …………………………………...............................................
Kata Pengantar …………………………………..……......................................
Daftar Isi
………………..………………………....................................
Bab I Pendahuluan ……………………………………...........................................
a) Latar Belakang …………………………..…………..........................................
b) Rumusan Masalah …………………………………................................................
Bab II Pembahasan ………………………………………........................................
A. Proses pembelajaran aktifitas pembelajaran di kelas.
B. Etika Guru dalam proses pembelajaran
C. Pengetahuan dan penguasaan teknis dasar guru profesional
D. Peran guru dalam proses pembelajaran
E. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan
F. Petunjuk operasional pembelajaran
A. Kesimpulan...........………………………….......................................................
B.
Saran..................................................................................................................
Daftar Pustaka......…………….………………………………...............................................
SILABUS
PEMBELAJARAN
TAHUN
AJARAN 2011-2012
SEMESTER
1
Kelompok:
A
No
|
Tema
Subtema
|
Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
Indikator
|
Pengalaman
Belajar (Kegiatan)
|
Media / Sumber
Belajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Kebutuhanku
· Pakaian
· Pakaian anak
Laki - laki
· Pakaian anak
perempuan
|
MORAL dan NILAI – NILAI AGAMA
1.
Mengucapkan salam dan membalas salam
PSIKOMOTORIK
A. Motorik Kasar
1.
Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
B. Motorik Halus
1.
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan
yang rumit
KOGNITIF
A. Pengetahuan umum dan Sains
1.
Mengenal benda berdasarkan fungsi
2.
Mengenal gejala akibat berkaitan dengan dirinya.
B. Konsep Bentuk
1.Mengklasifikasikan
benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna
C.
Konsep
bilangan, lambang bilangan, dan huruf
1.
Mengenal konsep banyak sedikit
BAHASA
A.
Menerima bahasa
1.
Menyimak perkataan orang lain
B.
Mengungkapkan
bahasa
1.
Menjawab pertanyaan sederhana
2.
Mengenal symbol – symbol
SOSIAL EMOSIONAL
1.
Mengendalikan perasaan
|
· Mengucapkan
terima kasih bila mendapatkan sesuatu
· Meminta tolong
dengan bahasa yang baik
· Anak dapat
menggunakan alat permainan dengan benar
· Aktif bergerak
saat bermain
· Anak dapat
menggunakan pakaian sendiri
· Anak dapat
memasang kancing resleting dengan benar
· Anak dapat melipat
kertas 2-3 lipatan
· Anak dapat
mengetahui fungsi pakaian
· Anak
mengetahui alasan berpakaian
· Anak
mengetahui akibat tidak berpakaian
· Anak dapat
mengelompokkan pakaian berdasarkan jenis pakaiannya
· Anak dapat
mengelompokkan pakaian berdasarkan ukurannya
· Anak dapat
menentukan jumlah pakaian banyak dan sedikit
· Anak dapat
menyimak informasi dengan baik
· Anak dapat
menceritakan kembali informasi yang di dapat
· Anak dapat
menjawab pertanyaan dengan benar
· Anak dapat
membedakan huruf
· Mau meminta
maaf ketika melakukan kesalahan
|
· Sosiodrama
tentang berterimakasih dan membalas salam
· Sosiodrama
tentang meminta tolong
· Bermain diluar
kelas
· Praktek
menggunakan pakaian sendiri
· Melipat bentuk
pakaian
· Bertanya jawab
tentang fungsi pakaian
· Bercerita
tentang sebab – akibat berpakaian
· Mengelompokkan
pakaian laki – laki dan perempuan
· Mengelompokkan
pakaian berdasarkan ukuran
· Menghitung
jumlah pakaian
· Diskusi
tentang pakaian
· Menyampaikan
kembali cerita dengan tepat
· Tanya jawab
tentang pakaian
· Meniru tulisan
“Pakaian”
· Mau meminta
maaf ketika bersalah
|
· Anak, Guru
· Anak Guru
· Alat permainan
di luar kelas
· Pakaian anak –
anak
· Kertas lipat
· Pakaian anak –
anak
· Pakaian anak –
anak
· Gambar pakaian
anak – anak
· Pakaian anak –
anak
· Gambar pakaian
anak – anak
· Gambar pakaian
anak – anak
· Buku cerita
· Gambar pakaian
anak - anak
· Tulisan
tentang pakaian, alat tulis
|
· Observasi
· Observasi
· Unjuk kerja
· Unjuk Kerja
· Unjuk kerja
· Tanya jawab
· Tanya jawab
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Tanya jawab
· Tanya jawab
· Tanya jawab
· Ujuk kerja
· Observasi
|
RENCANA
KEGIATAN HARIAN (RKH)
Tema : Kebutuhanku
Subtema : Pakaian
Hari/Tanggal : Kamis, 13 Desember 2012
Kelompok : A
Semester : Satu
Bidang
Pengembangan: Pembiasaaan, Sosial/Emosional, Kognitif, Psikomotorik, dan Bahasa.
WAKTU
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
|
MEDIA
|
EVALUASI
|
08.00 – 08.30
08.30
– 09.00
09.00
– 10.00
10.00
– 10.45
10.45
– 11.00
|
Pengetahuan/Pemahaman:
§ Mentaati
peraturan yang berlaku
§ Bernyanyi
beberapa lagu
§ Menirukan
bentuk benda
Afektif
§ Berdoa sebelum
dan sesudah kegiatan
§ Mengucapkan
salam dan membalas salam
§ Menyebutkan nama
- nama pakaian yang di tunjuk. (contoh: baju, rok, jilbab)
PSIKOMOTORIK
§ Anak dapat
memakai baju sendiri.
§ Anak dapat
memberi nama jenis pakaian
§ Anak dapat
mencocok gambar pakaian.
§ Menjaga
kebersihan diri sendiri dan lingkungan
§ Mengucapka doa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
§ Merapihkan
alat – alat yang sudah digunakan
§ Mulai dapat
menjaga keamanan diri sendiri saat bermain di luar
Pengetahuan / Pemahaman
§ Menjawab
pertanyaan dengan benar
§ Menyanyikan
beberapa lagu
§ Berdoa sebelum
dan sesudah kegiatan
§ Mengucapkan
salam dan menjawab salam
|
I.
PEMBUKAAN
§ Berbaris di
depan kelas
§ Bernyanyi
§ Menirukan
bentuk Pesawat terbang
MORNING TIME
§ Berdoa sebelum
belajar
§ Mengucapkan
salam dan sapa
§ Menyebutkan
nama dan jenis – jenis pakaian yang sering digunakan.
II.
INTI
AKTIFITAS
§ Demo memakai
pakaian yang disediakan guru
§ Memberi nama
jenis pakaian sesuai yang sudah diterangkan
§ Menocok gambar
pakaian dengan kertas warna.
III.ISTIRAHAT
§ Mencuci tangan
sebelum makan
§ Berdoa
§ Makan bekal
makanan dan membereskannya bila sudah selesai
§ Bermain bebas
IV.
PENUTUP
§ Review
§ Bernyanyi
§ Berdoa
§ Mengucapkan
salam
§ Pulang
|
§ Gambar Pesawat
Terbang
§ Jenis – jenis
pakaian
§ Pakaian
§ Gambar pakaian
(LKS 1)
§ Gambar Pakaian
(LKS 2)
§ Sabun untuk
mencuci tangan, lap tangan
§ Bekal makanan
anak
§ Hasil karya
anak
|
§ Observasi
§ Unjuk Kerja
§ Tanya jawab
§ Tanya jawab
§ Demonstrasi
§ Unjuk Kerja
§ Unjuk Kerja
§ Observasi
§ Observasi
§ Observasi
|
Kamis,
13 Desember 2012
Mengetahui,
Kepala TK, Guru Kelas,
(Nurbiyanti) (Ririn Listyawati)
BAHAN
AJAR
Tema : Kebutuhanku
Subtema : Pakaian
Hari/Tanggal : Kamis, 13 Desember 2012
Kelompok : A
Semester : Satu
Bidang Pengembangan:
Pembiasaaan, Sosial/Emosional, Kognitif, Psikomotorik,
dan Bahasa.
1.
PEMBUKAAN
A. Bidang
Pengembangan Pembiasaan
Tujuan:
1). Anak terbiasa menghormati guru,
bersemangat belajar, memiliki rasa kebersamaan / persaudaraan antar anak yang
tinggi, dan patuh dengan peraturan yang berlaku, misalnya sebelum masuk kelas
guru meminta anak – anak untuk berbaris yang rapi di depan kelas dan masik
bergiliran.
2). Anak hafal bacaan do’a akan belajar
/ kegiatan / bekerja dan terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.
Do’a sebelum kegiatan / belajar:
Bismillahirrahmaanirrahim. Dengan nama
Allah Maha Pengasih Maha Penyayang
Allahummma arinal – bathilann baatthilaa
warzuqnaj-tinabah
Rabbi zidnii ‘ilmaan naafi’aa wa-fahmaan
shahiihaa
Artinya:
Ya Allah, tampakkanlah kepada kami yang
benar itu memang benar
Dan beilah kami kekuatan untuk
menjauhinya
Ya Allah, tambahkanlah kepada kami ilmu
yang bermanfaat
Dan pemahaman yang benar. Amiin,
3). Anak hafal bacaan salam tegur sapa
dan terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.
Bacaan salam: Assalamu’alaikum
warahmatullahi wa barakaatuh
(Semoga Allah memberikan rahmat dan
kesejahteraan kepada kalian)
Jawaban salam: Wa’alaikum salam wa
rahmatullahi wa barakatuh.
(Dan semoga kalian juga mendapat rahmat
dan kesejahteraan dari Allah).
Sapaan salam: Selamat pagi anak – anak!
Jawaban salam: Selamat pagi bu guru!
Jawaban salam: Selamat pagi bu guru!
B. Bidang
Pengembangan: Sosial / Emosional (Afektif).
Tujuan:
1). Pada saat istirahat, anak dapat
belajar untuk berbagi bekal makanan yang di bawa dengan temannya.
2). Pada saat istirahat, anak dapat belajar untuk
bergiliran bermain dengan mainan yang tersedia di sekolah.
C.
Bidang Pengembangan Psikomotorik (Halus dan kasar):
1). Anak memiliki
kelenturan gerak motorik halus agar ke depannya anak yang memiliki kemampuan
tulis menulis dan kegiatan motorik halus lainnya dengan benar dan optimal.
2). Anak memiliki
kelenturan dan kekuatan motorik kasar yang memadai untuk melaksanakan tugas –
tugas dengan bertumpu pada kekuatan motorik kasar.
Contoh kegiatan Motorik
halus:
a. Mencocok
gambar pakaian.
b. Menuliskan
nama jenis pakaian seperti pada gambar.
Contoh
Kegiatan Motorrik Kasar:
a. Meniru
bentuk benda pesawat terbang, dengan kaki diangkat satu dan kedua tangan
direntangkan kesamping.
b. Memakai
baju / pakaian.
C. Bidang Pengembangan Psikomotorik (Halus dan
kasar):
1). Anak memiliki
kelenturan gerak motorik halus agar ke depannya anak yang memiliki kemampuan
tulis menulis dan kegiatan motorik halus lainnya dengan benar dan optimal.
2). Anak memiliki
kelenturan dan kekuatan motorik kasar yang memadai untuk melaksanakan tugas –
tugas dengan bertumpu pada kekuatan motorik kasar.
Contoh kegiatan Motorik
halus:
c. Mencocok
gambar pakaian.
d. Menuliskan
nama jenis pakaian seperti pada gambar.
Contoh
Kegiatan Motorrik Kasar:
c. Meniru
bentuk benda pesawat terbang, dengan kaki diangkat satu dan kedua tangan
direntangkan kesamping.
d. Memakai
baju / pakaian.
D. Bidang
Pengembangan: Pengetahuan / Pemahaman
1. Anak
mampu menyebutkan dengan jelas macam –
macam pakaian.
Lembar
Kerja Siswa 1
§ Indikator: Anak
dapat memberi nama jenis pakaian
|
Tema:
Kebutuhanku
Subtema:
Pakaian
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
Paraf Orang Tua
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa 2
§ Indikator:
Anak dapat mencocok gambar pakaian.
|
Tema:
Kebutuhanku
Subtema:
Pakaian
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
Paraf Orang Tua
|
|
|
|
|
|
|
|
SILABUS,
RKH, dan BAHAN AJAR
MICROTEACHING
Ririn
Listyawati
K8110045
PENDIDIKAN
GURU – PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
0 komentar:
Posting Komentar