Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 11 Juli 2013

Micro Teaching Proses Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran di Kelas

MAKALAH
Micro Teaching
Proses Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran di Kelas



Kelompok
1.      
2.      
3.      
4.      
5.      
6.      
7.      
8.      


PENDIDIKAN GURU – PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2012



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tanpa ada halangan yang cukup berarti. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah ......................Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Penulis tidak akan berhasil menyelesaikan makalah ini tanpa ada bimbingan dan bantuan dari semua pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.       Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
2.        , selaku dosen pengampu mata kuliah
3.       Ayah dan Ibu tercinta yang selalu memberikan motivasi.
4.       Rekan-rekan yang telah memberikan dukungan dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang ada pada diri penulis. Oleh karena itu,penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan tugas ini. Akhirnya, penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna bagi penulis pada khususnya, dan pembaca pada umumnya.

                              Surakarta, 18 September 2012

                                       Penulis




DAFTAR ISI

Halaman judul                         …………………………………...............................................
Kata Pengantar                       …………………………………..……......................................
Daftar Isi                                 ………………..………………………....................................
Bab I Pendahuluan                 ……………………………………...........................................
a)       Latar Belakang            …………………………..…………..........................................
b)       Rumusan Masalah       …………………………………................................................
Bab II Pembahasan                 ………………………………………........................................
A. Proses pembelajaran aktifitas pembelajaran di kelas.
B. Etika Guru dalam proses pembelajaran
C. Pengetahuan dan penguasaan teknis dasar guru profesional
D. Peran guru dalam proses pembelajaran
E. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan
F. Petunjuk operasional pembelajaran
Bab III Penutup
A. Kesimpulan...........………………………….......................................................
B. Saran..................................................................................................................
Daftar Pustaka......…………….………………………………...............................................


 SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN AJARAN 2011-2012
SEMESTER 1
Kelompok: A
No
Tema
Subtema
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Indikator
Pengalaman Belajar (Kegiatan)
Media / Sumber Belajar
Evaluasi
1.
Kebutuhanku
·   Pakaian
·   Pakaian anak Laki - laki
·   Pakaian anak perempuan
























MORAL dan NILAI – NILAI AGAMA
1.      Mengucapkan salam dan membalas salam




PSIKOMOTORIK
A. Motorik Kasar
1.   Memanfaatkan alat permainan di luar kelas





B.  Motorik Halus
1.   Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit






KOGNITIF
A. Pengetahuan umum dan Sains
1.   Mengenal benda berdasarkan fungsi




2.   Mengenal gejala akibat berkaitan dengan dirinya.



B.  Konsep Bentuk
1.Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna







C.                Konsep bilangan, lambang bilangan, dan huruf
1.   Mengenal konsep banyak sedikit




BAHASA
A.    Menerima bahasa
1.     Menyimak perkataan orang lain





B.     Mengungkapkan bahasa
1.   Menjawab pertanyaan sederhana
2.   Mengenal symbol – symbol



SOSIAL EMOSIONAL
1.      Mengendalikan perasaan


·   Mengucapkan terima kasih bila mendapatkan sesuatu
·   Meminta tolong dengan bahasa yang baik



·   Anak dapat menggunakan alat permainan dengan benar
·   Aktif bergerak saat bermain


·   Anak dapat menggunakan pakaian sendiri
·   Anak dapat memasang kancing resleting dengan benar
·   Anak dapat melipat kertas 2-3 lipatan



·   Anak dapat mengetahui fungsi pakaian
·   Anak mengetahui alasan berpakaian

·   Anak mengetahui akibat tidak berpakaian



·   Anak dapat mengelompokkan pakaian berdasarkan jenis pakaiannya
·   Anak dapat mengelompokkan pakaian berdasarkan ukurannya





·   Anak dapat menentukan jumlah pakaian banyak dan sedikit




·   Anak dapat menyimak informasi dengan baik
·   Anak dapat menceritakan kembali informasi yang di dapat

·   Anak dapat menjawab pertanyaan dengan benar
·   Anak dapat membedakan huruf



·   Mau meminta maaf ketika melakukan kesalahan


·   Sosiodrama tentang berterimakasih dan membalas salam
·   Sosiodrama tentang meminta tolong




·   Bermain diluar kelas







·   Praktek menggunakan pakaian sendiri






·   Melipat bentuk pakaian




·   Bertanya jawab tentang fungsi pakaian




·   Bercerita tentang sebab – akibat berpakaian




·   Mengelompokkan pakaian laki – laki dan perempuan

·   Mengelompokkan pakaian berdasarkan ukuran






·   Menghitung jumlah pakaian






·   Diskusi tentang pakaian

·   Menyampaikan kembali cerita dengan tepat


·   Tanya jawab tentang pakaian


·   Meniru tulisan “Pakaian”



·   Mau meminta maaf ketika bersalah


·   Anak, Guru

·   Anak Guru






·   Alat permainan di luar kelas





·   Pakaian anak – anak






·   Kertas lipat




·   Pakaian anak – anak




·   Pakaian anak – anak




·   Gambar pakaian anak – anak

·   Pakaian anak – anak







·   Gambar pakaian anak – anak





·   Gambar pakaian anak – anak
·   Buku cerita




·   Gambar pakaian anak - anak

·   Tulisan tentang pakaian, alat tulis


·   Observasi

·   Observasi






·   Unjuk kerja







·   Unjuk Kerja







·   Unjuk kerja




·   Tanya jawab





·   Tanya jawab





·   Unjuk kerja



·   Unjuk kerja








·   Unjuk kerja







·   Tanya jawab


·   Tanya jawab




·   Tanya jawab



·   Ujuk kerja




·   Observasi



RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)

Tema                           : Kebutuhanku
Subtema                      : Pakaian
Hari/Tanggal               : Kamis, 13 Desember 2012
Kelompok                   : A
Semester                      : Satu
Bidang Pengembangan: Pembiasaaan, Sosial/Emosional, Kognitif, Psikomotorik, dan Bahasa.

WAKTU
INDIKATOR
KEGIATAN
MEDIA
EVALUASI
08.00 – 08.30






08.30 – 09.00










09.00 – 10.00









10.00 – 10.45












10.45 – 11.00
Pengetahuan/Pemahaman:
§ Mentaati peraturan yang berlaku
§ Bernyanyi beberapa lagu
§ Menirukan bentuk benda



Afektif
§ Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
§ Mengucapkan salam dan membalas salam
§ Menyebutkan nama - nama pakaian yang di tunjuk. (contoh: baju, rok, jilbab)



PSIKOMOTORIK
§ Anak dapat memakai baju sendiri.

§ Anak dapat memberi nama jenis pakaian
§ Anak dapat mencocok gambar pakaian.



§ Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan

§ Mengucapka doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

§ Merapihkan alat – alat yang sudah digunakan

§ Mulai dapat menjaga keamanan diri sendiri saat bermain di luar


Pengetahuan / Pemahaman
§ Menjawab pertanyaan dengan benar
§ Menyanyikan beberapa lagu
§ Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
§ Mengucapkan salam dan menjawab salam
I.   PEMBUKAAN
§ Berbaris di depan kelas
§ Bernyanyi
§ Menirukan bentuk Pesawat terbang


MORNING TIME
§ Berdoa sebelum belajar

§ Mengucapkan salam dan sapa

§ Menyebutkan nama dan jenis – jenis pakaian yang sering digunakan.

II.                 INTI

AKTIFITAS
§ Demo memakai pakaian yang disediakan guru
§ Memberi nama jenis pakaian sesuai yang sudah diterangkan
§ Menocok gambar pakaian dengan kertas warna.


III.ISTIRAHAT
§ Mencuci tangan sebelum makan

§ Berdoa



§ Makan bekal makanan dan membereskannya bila sudah selesai
§ Bermain bebas


IV.             PENUTUP

§ Review

§ Bernyanyi
§ Berdoa

§ Mengucapkan salam

§ Pulang



§ Gambar Pesawat Terbang







§ Jenis – jenis pakaian






§ Pakaian

§ Gambar pakaian (LKS 1)
§ Gambar Pakaian (LKS 2)



§ Sabun untuk mencuci tangan, lap tangan




§ Bekal makanan anak







§ Hasil karya anak
§ Observasi


§ Unjuk Kerja






§ Tanya jawab

§ Tanya jawab






§  Demonstrasi

§  Unjuk Kerja

§  Unjuk Kerja




§  Observasi





§  Observasi







§  Observasi

                                                                                                                                                                        Kamis, 13 Desember 2012
Mengetahui,
 Kepala TK,                                                                                                                                                                 Guru Kelas,


(Nurbiyanti)                                                                                                                                                            (Ririn Listyawati)



BAHAN AJAR
Tema                           : Kebutuhanku
Subtema                      : Pakaian
Hari/Tanggal               : Kamis, 13 Desember 2012
Kelompok                   : A
Semester                      : Satu
Bidang Pengembangan: Pembiasaaan, Sosial/Emosional, Kognitif, Psikomotorik, dan Bahasa.
1.      PEMBUKAAN
A.    Bidang Pengembangan Pembiasaan
Tujuan:
1). Anak terbiasa menghormati guru, bersemangat belajar, memiliki rasa kebersamaan / persaudaraan antar anak yang tinggi, dan patuh dengan peraturan yang berlaku, misalnya sebelum masuk kelas guru meminta anak – anak untuk berbaris yang rapi di depan kelas dan masik bergiliran.
2). Anak hafal bacaan do’a akan belajar / kegiatan / bekerja dan terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.
Do’a sebelum kegiatan / belajar:
Bismillahirrahmaanirrahim. Dengan nama Allah Maha Pengasih Maha Penyayang
Allahummma arinal – bathilann baatthilaa warzuqnaj-tinabah
Rabbi zidnii ‘ilmaan naafi’aa wa-fahmaan shahiihaa
Artinya:
Ya Allah, tampakkanlah kepada kami yang benar itu memang benar
Dan beilah kami kekuatan untuk menjauhinya
Ya Allah, tambahkanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat
Dan pemahaman yang benar. Amiin,
3). Anak hafal bacaan salam tegur sapa dan terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.
Bacaan salam: Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh
(Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada kalian)

Jawaban salam: Wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh.
(Dan semoga kalian juga mendapat rahmat dan kesejahteraan dari Allah).
Sapaan salam: Selamat pagi anak – anak!
Jawaban salam: Selamat pagi bu guru!

B.     Bidang Pengembangan: Sosial / Emosional (Afektif).
Tujuan:
1). Pada saat istirahat, anak dapat belajar untuk berbagi bekal makanan yang di bawa dengan temannya.
2). Pada saat istirahat, anak dapat belajar untuk bergiliran bermain dengan mainan yang tersedia di sekolah.
C. Bidang Pengembangan Psikomotorik (Halus dan kasar):
1). Anak memiliki kelenturan gerak motorik halus agar ke depannya anak yang memiliki kemampuan tulis menulis dan kegiatan motorik halus lainnya dengan benar dan optimal.
2). Anak memiliki kelenturan dan kekuatan motorik kasar yang memadai untuk melaksanakan tugas – tugas dengan bertumpu pada kekuatan motorik kasar.
Contoh kegiatan Motorik halus:
a.       Mencocok gambar pakaian.
b.      Menuliskan nama jenis pakaian seperti pada gambar.
Contoh Kegiatan Motorrik Kasar:
a.       Meniru bentuk benda pesawat terbang, dengan kaki diangkat satu dan kedua tangan direntangkan kesamping.
b.      Memakai baju / pakaian.
C.      Bidang Pengembangan Psikomotorik (Halus dan kasar):
1). Anak memiliki kelenturan gerak motorik halus agar ke depannya anak yang memiliki kemampuan tulis menulis dan kegiatan motorik halus lainnya dengan benar dan optimal.
2). Anak memiliki kelenturan dan kekuatan motorik kasar yang memadai untuk melaksanakan tugas – tugas dengan bertumpu pada kekuatan motorik kasar.
Contoh kegiatan Motorik halus:
c.       Mencocok gambar pakaian.
d.      Menuliskan nama jenis pakaian seperti pada gambar.
Contoh Kegiatan Motorrik Kasar:
c.       Meniru bentuk benda pesawat terbang, dengan kaki diangkat satu dan kedua tangan direntangkan kesamping.
d.      Memakai baju / pakaian.
D.    Bidang Pengembangan: Pengetahuan / Pemahaman
1.      Anak mampu menyebutkan  dengan jelas macam – macam pakaian.











Lembar Kerja Siswa 1
§ Indikator: Anak dapat memberi nama jenis pakaian
Tema: Kebutuhanku
Subtema: Pakaian
Nilai
Paraf Guru
Paraf Orang Tua



                                                              
C_____
 
G___ P________
 
                                                                                               


                                                    
J____
 
B___
 
                                                                                               

Lembar Kerja Siswa 2
§ Indikator: Anak dapat mencocok gambar pakaian.
Tema: Kebutuhanku
Subtema: Pakaian
Nilai
Paraf Guru
Paraf Orang Tua



                                                                                   
                                                                                               


JAKET
 
 


CELANA
 
 




BAJU
 
 


GAUN PENGANTIN
 

                      




SILABUS, RKH, dan BAHAN AJAR
MICROTEACHING

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/6/6c/Logo_UNS.GIF
Ririn Listyawati
K8110045
PENDIDIKAN GURU – PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers