RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)
Tema : Binatang
Subtema : Binatang Peliharaan (Binatang yang
terbang)
Hari/tanggal : Kamis, 24 Mei 2012
Kelompok/semester : B / II
Bidang pengembangan : Pembiasaan,Bahasa, nilai agama dan
moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENDIDIKAN NASIONAL KARAKTER BANGSA DAN KEWIRAUSAHAAN
|
METODE, MEDIA, SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN PERKEMBANGAN
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||||
· Pembiasaan (Sosial Emosional) anak
mampu berbaris masuk kelas secara sopan, mengucap doa, dan mengucap salam
· Anak mampu menyebutkan bermacam-macam binatang yang
ada di lingkungan sekitar
· Dengan mengenal ciri-ciri binatang diharapkan anak
dapat tumbuh kasih sayangnya terhadap binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
· Anak dapat menyayangi binatang sebagai makhluk
ciptaan Tuhan
· Anak dapat menyanyikan lagu dengan baik dan benar
· Anak dapat mengembangkan kemapuan fisik motoriknya
· Anak mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang dilakukan
tadi
· Anak mampu berdiskusi tentang pembelajaran yang
disampaikan tadi dan menyiapkan pembelajaran besuk
· Pembiasaan (Sosial Emosional) anak
mampu mengucap doa dan mengucap
salam
|
· NAM
Membiasakan doa sebelum dan sesudah kegiatan
· Bahasa
Menyebutkan bermacam-macam
kata benda yang ada di lingkungan sekitar
· Bahasa
Menyanyikan lagu secara
lengkap
· Fisik-Motorik
menebalkan huruf dan
mewarnai gambar
· Membuat origami
· Sosial Emosional
sabar menunggu giliran
·
NAM
Membiasakan doa sebelum dan sesudah kegiatan
· Sosial Emosional
Mengajak teman bermain
· Bahasa
Menerima pesan sederhana dan menyampaikan
pesan dengan runtut
·
NAM
Membiasakan doa sebelum dan sesudah kegiatan
|
I. PEMBIASAAN (PRA KEGIATAN) ± 15 menit
·
Berbaris masuk kelas
·
Salam
·
Berdoa
II. KEGIATAN AWAL ± 15 menit
·
Apersepsi (menyebutkan
binatang yang dipelihara oleh anak)
·
Orientasi (guru
menjelaskan karakteristik binatang agar anak memahami dan menyayanginya)
·
Motivasi (guru
memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar menyayangi
binatang)
I.
III. KEGIATAN INTI ± 60
menit
·
Menyanyikan lagu Brung Kutilang
·
Menebalkan huruf dan
mewarnai gambar burung
·
Membuat origami burung
II.
IV.
ISTIRAHAT ± 30 menit
·
Cuci tangan, berdoa, makan bersama
·
Bermain
III.
V. KEGIATAN
AKHIR ± 15 menit
·
Review (guru mengulang kembali pembelajaran
yang telah disampaikan)
·
Diskusi tentang kegiatan hari ini dan besok
VI. PEMBIASAAN (PASCA KEGIATAN) ± 15 menit
·
Berdoa
·
Salam
·
Pulang
|
Disiplin
Toleransi
Religius
Komunikatif
Peduli
lingkungan
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Religius
Toleransi
|
Guru
Guru
Guru
Tanggung
jawab,Guru
Demonstrasi,
anak langsung, Guru
Demonstrasi,
anak langsung, Guru
Guru,
anak langsung
Anak
langsung
Demonstrasi,
guru, anak langsung
· Bekal makanan, tempat cuci tangan, lap
· Alat permainan indoor dan outdoor
Demonstrasi,
anak langsung, Guru
Demonstrasi,
anak langsung, guru
Guru
Guru
|
Observasi
Observasi
Observasi
Percakapan
Percakapan
Bercakap-cakap
Unjuk
Kerja
Unjuk
kerja
Unjuk
kerja
Bercakap-cakap
Bercakap-cakap
Observasi
Observasi
|
|
Surakarta, 24 Mei 2012
Guru Guru
( RIRIN LISTYAWATI ) ( YURIZKY ENIS K)
Mengetahui,
Kepala TK Pertiwi 1,
BAHAN
AJAR
Tema :
Binatang
Subtema :
Binatang Peliharaan (Binatang yang terbang)
Hari/tanggal :
Kamis, 24 Mei 2012
Kelompok/semester :
B / II
Bidang pengembangan :
Pembiasaan,Bahasa, nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial
emosional
I.
PEMBIASAAN (PRA KEGIATAN)
-
Anak dapat berbaris
didepan kelas sambil mencium
tangan gurunya secara bergantian.
-
Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-
Mengucapkan doa
sebelum melakukan kegiatan
Guru dan anak : “ Bismillah hirohman hirohim... Robbi
zidnii’ilmaa war zuqnii fahmaa... Amin”
II.
KEGIATAN AWAL
-
Anak-anak
melakukan percakapan dengan guru dan guru menyuruh anak untuk menyebutkan
binatang peliharaan anak (Apersepsi).
-
Guru
menjelaskan kepada peserta didik tentang karakteristik binatnag yang bisa
terbang agar anak mengerti dan memahaminya. (Orientasi)
-
Guru
memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar menyayangi binatang peliharaan
sebagai makhluk ciptaan Tuhan (Motivasi)
III.
KEGIATAN INTI
-
Guru
bersama peserta didik menyanyikan lagu “Burung Kutilang”
Burung Kutilang
“dipucuk pohon cempaka
burung kutilang berbunyi
bersiul, siul sepanjang hari
dengan tak jemu jemu
mengangguk angguk sambil berseru
trilili lili lilili
sambil berlompat lompatan
paruhnya slalu terbuka
digeleng gelengkan kepalanya
mnentang langit biru
tandanya ia suka berseru
trilili lili lilili”
burung kutilang berbunyi
bersiul, siul sepanjang hari
dengan tak jemu jemu
mengangguk angguk sambil berseru
trilili lili lilili
sambil berlompat lompatan
paruhnya slalu terbuka
digeleng gelengkan kepalanya
mnentang langit biru
tandanya ia suka berseru
trilili lili lilili”
-
Guru
memberikan lembar kerja anak untuk kegiatan menebalkan huruf dan mewarnai
-
Guru
memberikan kertas origami kepada setiap anak dan guru mendemonstrasikan cara
membuat “burung merpati” dari kertas.
IV.
ISTIRAHAT
-
Anak – anak istirahat
mencuci tangan dan mengucapkan doa makan secara bersama – sama
Allahuma Bariklana
Fimma Rozaktana
Wakina Adzabannar
Amin
-
Lalu anak diajarkan
makan bekal bersama – sama sampai selesai kemudian anak diajak bermain bebas
bersama – sama sesuai kesenangan anak –
anak.
V.
KEGIATAN AKHIR
-
Review
(guru mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan seperti macam-macam
hewan peliharaan, cara hewan yang bisa terbang, dan hewan-hewan yang diwarnai
dan dibuat origami kertas)
-
Guru mengajak anak untuk berdiskusi tentang kegiatan hari ini dan besok.
VI.
PEMBIASAAN (PASCA KEGIATAN)
-
Mengucapkan doa akan pulang
Berdoa pulang:
“ Bismilah hiroh man hirohim... Allohumma inniii astaudi’uka
maa ‘allamtaniihifardudhu ilyya ‘inda haajatii ilaihi walaa tasaniihiyaa robbal
‘aalamiin”
-
Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-
Setelah
itu anak baris satu-persatu ke depan mencium tangan gurunya dan pulang.
TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Bidang
Pengembangan Pembiasaan Moral dan Nilai-nilai Agama:
- Anak mampu berbaris masuk kelas secara sopan, mengucap doa, dan
mengucap salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan.
B. Sosial
Emosional:
- Anak mampu berinteraksi dan mulai mematuhi aturan,
dapat mengendalikan emosinya, menunjukkan rasa percaya diri, dapat menjaga diri
sendiri
C. Bidang Pengembangan Kemampuan dasar Bahasa:
- Anak
dapat berkomunikasi secara lisan
dan memiliki perbendaharaan kata
yang banyak
- Dapat berkomunikasi/berbicara lantar dengan lafal
yang benar
D. Kognitif:
- Anak mampu mengenal
dan memahami berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
- Anak dapat mengenal klasifikasi sederhana dar binatang
E.
Fisik Motorik:
-
Anak mampu melakukan
gerakan , secara terkoordinasi, untuk kelenturan sebagai pengembangak otot-otot
tangannya.
Indikator:
Menebalkan huruf dan mewarnai gambar
|
Tema : Binatang
Subtema: Hewan yang terbang
|
m
e r p a t i
nama
|
paraf
|
nilai
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar