Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 11 Juli 2013

Proses pembelajaran Anak Usia DIni

RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)

Tema                                       : Binatang
Subtema                                  : Binatang Peliharaan (Binatang yang terbang)
Hari/tanggal                            : Kamis, 24 Mei 2012
Kelompok/semester                : B / II
Bidang pengembangan          : Pembiasaan,Bahasa, nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN NASIONAL KARAKTER BANGSA DAN KEWIRAUSAHAAN
METODE, MEDIA, SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBANGAN
ALAT
HASIL
·      Pembiasaan (Sosial Emosional) anak mampu berbaris masuk kelas secara sopan, mengucap doa, dan mengucap salam




·      Anak mampu menyebutkan bermacam-macam binatang yang ada di lingkungan sekitar
·      Dengan mengenal ciri-ciri binatang diharapkan anak dapat tumbuh kasih sayangnya terhadap binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
·      Anak dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan





·      Anak dapat menyanyikan lagu dengan baik dan benar

·      Anak dapat mengembangkan kemapuan fisik motoriknya
















·      Anak mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang dilakukan tadi
·       Anak mampu berdiskusi tentang pembelajaran yang disampaikan tadi dan menyiapkan pembelajaran besuk






·      Pembiasaan (Sosial Emosional) anak mampu mengucap doa  dan mengucap salam






·      NAM
Membiasakan doa sebelum dan sesudah kegiatan



·     Bahasa
Menyebutkan bermacam-macam kata benda yang ada di lingkungan sekitar






















·      Bahasa
Menyanyikan lagu secara lengkap


·      Fisik-Motorik
menebalkan huruf dan mewarnai gambar
·      Membuat origami 




·      Sosial Emosional
 sabar menunggu giliran
·         NAM
Membiasakan doa sebelum dan sesudah kegiatan
·      Sosial Emosional
 Mengajak teman bermain



·      Bahasa
 Menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan dengan runtut



















·         NAM
Membiasakan doa sebelum dan sesudah kegiatan

I.     PEMBIASAAN (PRA KEGIATAN) ± 15 menit
·          Berbaris masuk kelas
·          Salam
·          Berdoa




II.  KEGIATAN AWAL ± 15 menit
·         Apersepsi (menyebutkan binatang yang dipelihara oleh anak)



·         Orientasi (guru menjelaskan karakteristik binatang agar anak memahami dan menyayanginya)




·         Motivasi (guru memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar menyayangi binatang)

I.                  III.    KEGIATAN INTI ± 60 menit
·         Menyanyikan lagu Brung Kutilang



·         Menebalkan huruf dan mewarnai gambar burung

·         Membuat origami burung

II.               IV. ISTIRAHAT ± 30 menit
·         Cuci tangan, berdoa, makan bersama



·         Bermain



III.            V. KEGIATAN AKHIR ± 15 menit
·      Review (guru mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan)



·       Diskusi tentang kegiatan hari ini dan besok










VI.    PEMBIASAAN (PASCA KEGIATAN) ± 15 menit
·         Berdoa

·         Salam
·         Pulang




Disiplin

Toleransi
Religius






Komunikatif






Peduli lingkungan









Komunikatif









Komunikatif




Komunikatif



Komunikatif















Komunikatif





Komunikatif














Religius

Toleransi



Guru

Guru
Guru






Tanggung jawab,Guru





Demonstrasi, anak langsung, Guru







Demonstrasi, anak langsung, Guru







Guru, anak langsung



Anak langsung



Demonstrasi, guru, anak langsung


·   Bekal makanan, tempat cuci tangan, lap

·   Alat permainan indoor dan outdoor


Demonstrasi, anak langsung, Guru



Demonstrasi, anak langsung, guru












Guru

Guru



Observasi

Observasi
Observasi






Percakapan






Percakapan









Bercakap-cakap








Unjuk Kerja



Unjuk kerja


Unjuk kerja














Bercakap-cakap




Bercakap-cakap













Observasi

Observasi



Surakarta,
24 Mei 2012
Guru                                                                                                                                                                                                    Guru


( RIRIN LISTYAWATI )                                                                                                                                                                ( YURIZKY ENIS K)

Mengetahui,
Kepala TK Pertiwi 1,


(  TRI WAHYUNINGSIH )

 BAHAN AJAR

Tema                                               : Binatang
Subtema                                          : Binatang Peliharaan (Binatang yang terbang)
Hari/tanggal                                    : Kamis, 24 Mei 2012
Kelompok/semester                        : B / II
Bidang pengembangan                  : Pembiasaan,Bahasa, nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional


I.                   PEMBIASAAN (PRA KEGIATAN)
-          Anak dapat berbaris didepan kelas sambil mencium tangan gurunya secara bergantian.
-          Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-          Mengucapkan doa sebelum melakukan kegiatan
Guru dan anak : “ Bismillah hirohman hirohim... Robbi zidnii’ilmaa war zuqnii fahmaa... Amin”

II.                KEGIATAN AWAL
-          Anak-anak melakukan percakapan dengan guru dan guru menyuruh anak untuk menyebutkan binatang peliharaan anak (Apersepsi).
-          Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang karakteristik binatnag yang bisa terbang agar anak mengerti dan memahaminya. (Orientasi)
-          Guru memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar menyayangi binatang peliharaan sebagai makhluk ciptaan Tuhan (Motivasi)







III.             KEGIATAN INTI
-          Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu “Burung Kutilang”
Burung Kutilang
dipucuk pohon cempaka
burung kutilang berbunyi
bersiul, siul sepanjang hari
dengan tak jemu jemu
mengangguk angguk sambil berseru
trilili lili lilili

sambil berlompat lompatan
paruhnya slalu terbuka
digeleng gelengkan kepalanya
mnentang langit biru
tandanya ia suka berseru
trilili lili lilili
-          Guru memberikan lembar kerja anak untuk kegiatan menebalkan huruf dan mewarnai
-          Guru memberikan kertas origami kepada setiap anak dan guru mendemonstrasikan cara membuat “burung merpati” dari kertas.
IV.             ISTIRAHAT
-          Anak – anak istirahat mencuci tangan dan mengucapkan doa makan secara bersama – sama
Allahuma Bariklana
Fimma Rozaktana
Wakina Adzabannar
Amin
-          Lalu anak diajarkan makan bekal bersama – sama sampai selesai kemudian anak diajak bermain bebas bersama – sama sesuai  kesenangan anak – anak.




V.                KEGIATAN AKHIR
-          Review (guru mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan seperti macam-macam hewan peliharaan, cara hewan yang bisa terbang, dan hewan-hewan yang diwarnai dan dibuat origami kertas)
-          Guru mengajak anak untuk berdiskusi  tentang kegiatan hari ini dan besok.

VI.             PEMBIASAAN (PASCA KEGIATAN)
-          Mengucapkan doa akan pulang
Berdoa pulang:
          “ Bismilah hiroh man hirohim... Allohumma inniii astaudi’uka maa ‘allamtaniihifardudhu ilyya ‘inda haajatii ilaihi walaa tasaniihiyaa robbal ‘aalamiin”
-          Mengucap salam
Assalamu’alaikum (peserta didik)
Wa’alaikum salam (guru)
-          Setelah itu anak baris satu-persatu ke depan mencium tangan gurunya dan pulang.



TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Bidang Pengembangan Pembiasaan Moral dan Nilai-nilai Agama:
- Anak mampu berbaris masuk kelas secara sopan, mengucap doa, dan mengucap salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan.
B. Sosial Emosional:
- Anak mampu berinteraksi dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya, menunjukkan rasa percaya diri, dapat menjaga diri sendiri
C. Bidang Pengembangan Kemampuan dasar Bahasa:
- Anak dapat  berkomunikasi secara lisan dan  memiliki perbendaharaan kata yang banyak
- Dapat berkomunikasi/berbicara lantar dengan lafal yang benar
D. Kognitif:
- Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Anak dapat mengenal klasifikasi sederhana dar binatang
E.     Fisik Motorik:
-          Anak mampu melakukan gerakan , secara terkoordinasi, untuk kelenturan sebagai pengembangak otot-otot tangannya.



Indikator: Menebalkan huruf dan mewarnai gambar
Tema : Binatang
Subtema: Hewan yang terbang

beautiful burung merpati coloring pages.jpg
m e r p a t i
nama
paraf
nilai




separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers