LEMPAR DAN SEMBUNYI
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini
Disusun oleh :
Nindya Irawan k8110034
Nur Anisa k8110039
Ririn Listyawati k8110045
Viliani Rossi P k8110054
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2013
LEMPAR DAN
SEMBUNYI
Permainan
lempar dan sembunyi merupakan
salah satu permainan tradisional yang
mengadopsi dan mengkombinasikan antara permainan kontrakol dan pembela.
- Alat permainan
Permainan lempar
dan sembunyi membutuhkan peralalatan
dalam bermain yaitu kreweng. Kreweng
merupakan pecahan genting.
- Tempat bermain
Dalam permainan ini, dapat dilakukan di tempat yang luas, misalnya: halaman atau lapangan
- Nilai karakter:
Permainan ini dapat
memunculkan nilai karakter pada anak yaitu: kejujuran, kesabaran, mengatur
strategi (kognitif), pantang menyerah, keberanian, dan sportifitas.
- Ketentuan
Permainan :
1. Setiap individu yang ikut bermain
bersiap siap dan membawa “gacuk”atau senjata masing – masing yang di gunakan
untuk melempar pada area tumpukan “kreweng” (pecahan genting) yang sudah
disusun.
2. Setelah siap, semua pemain
melemparkan gacuk ke arah tumpukan “kreweng" secara bersamaan dari jarak
yang sudah disepakati (diberi tanda garis)
3. Jika ada gacuk dari pemain yang bisa
menjatuhkan tumpukan kreweng, maka pemain yang menjadi penjaga adalah pemain
yang mempunyai jarak lempar paling jauh dari area lingkaran .
4. Setelah ketahuan siapa yang menjadi
penjaga, dia harus menyusun “kreweng” menjadi satu tumpukan lagi.
5. Kemudian Penjaga tersebut menutup
mata dan pemain yang lain mencari tempat untuk sembunyi.
6. Tugas penjaga selanjutnya adalah
mencari semua pemain yang sembunyi, dengan menyebutkan nama saat melihat atau
menemukan tempat persembunyiannya.
7. Pemain yang sedang bersembunyi,
mempunyai kesempatan untuk kembali meruntuhkan kreweng yang tersusun tanpa
diketahui oleh penjaga. Dan saat berhasil meruntuhkan kembali, pemain lain yang
sudah ketauan oleh penjaga, maka semua boleh sembunyin lagi dan begitu
seterusnya sampai semua pemain ketahuan oleh penjaga.
8. Pemenangnya adalah yang bisa
meruntuhkan kreweng atau bersembunyi tanpa ketauan oleh penjaga. sedangkan yang
kalah berdasarkan berapa kali dia menjadi penjaga.
0 komentar:
Posting Komentar