Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 11 Juli 2013

Permainan tradisional AUD

LEMPAR DAN SEMBUNYI
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini
Dosen pengampu  M. Munif S., S.Pdi., MA.
images
Disusun oleh :
Nindya Irawan                        k8110034
Nur Anisa                    k8110039
Ririn Listyawati          k8110045
Viliani Rossi P            k8110054

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2013

LEMPAR DAN SEMBUNYI
Permainan lempar dan sembunyi merupakan salah satu permainan tradisional  yang mengadopsi dan mengkombinasikan  antara permainan kontrakol dan pembela.
  • Alat permainan
Permainan lempar dan sembunyi membutuhkan peralalatan dalam bermain yaitu  kreweng. Kreweng merupakan pecahan genting.
  • Tempat bermain 
Dalam permainan ini, dapat dilakukan di tempat yang luas, misalnya: halaman atau lapangan
  • Nilai karakter: 
Permainan ini dapat memunculkan nilai karakter pada anak yaitu: kejujuran, kesabaran, mengatur strategi (kognitif), pantang menyerah, keberanian, dan sportifitas.
  • Ketentuan Permainan :
1.      Setiap individu yang ikut bermain bersiap siap dan membawa “gacuk”atau senjata masing – masing yang di gunakan untuk melempar pada area tumpukan “kreweng” (pecahan genting) yang sudah disusun.
2.      Setelah siap, semua pemain melemparkan gacuk ke arah tumpukan “kreweng" secara bersamaan dari jarak yang sudah disepakati (diberi tanda garis)
3.      Jika ada gacuk dari pemain yang bisa menjatuhkan tumpukan kreweng, maka pemain yang menjadi penjaga adalah pemain yang mempunyai jarak lempar paling jauh dari area lingkaran .
4.      Setelah ketahuan siapa yang menjadi penjaga, dia harus menyusun “kreweng” menjadi satu tumpukan lagi.
5.      Kemudian Penjaga tersebut menutup mata dan pemain yang lain mencari tempat untuk sembunyi.
6.      Tugas penjaga selanjutnya adalah mencari semua pemain yang sembunyi, dengan menyebutkan nama saat melihat atau menemukan tempat persembunyiannya.
7.      Pemain yang sedang bersembunyi, mempunyai kesempatan untuk kembali meruntuhkan kreweng yang tersusun tanpa diketahui oleh penjaga. Dan saat berhasil meruntuhkan kembali, pemain lain yang sudah ketauan oleh penjaga, maka semua boleh sembunyin lagi dan begitu seterusnya sampai semua pemain ketahuan oleh penjaga.
8.      Pemenangnya adalah yang bisa meruntuhkan kreweng atau bersembunyi tanpa ketauan oleh penjaga. sedangkan yang kalah berdasarkan berapa kali dia menjadi penjaga.





separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers